thanks ya mbak intan buat penjelasannya
kemungkinan aku mau vaksin varicella di usia 12 bulan ini, karena masih kecil lebih mudah untuk membujuknya ke dokter pengalaman anakku yang pertama (sekarang 6 tahun) karena sudah besar (dan badannya memang besar) susah sekali untuk dibujuk imunisasi, padahal diumur 5 tahun harusnya ada Combo 5, jadi kalau tidak imunisasi Combo yang ke-5 efektifitas vaksin combo sebelumnya bagaimana ya?
mohon sarannya bagaimana membujuk anak yang sudah besar untuk imunisasi

----- Original Message ----- From: "boedoet" <boed...@gmail.com>
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Sent: Thursday, August 19, 2010 8:40 AM
Subject: Re: [balita-anda] Jadwal Imunisasi

semua ada plus minusnya..
saya sendiri sejak dulu memilih untuk memvaricella anak saya kalo dah 9
tahun (tapi bisa jadi ebrubah sih)...

pertimbangan untuk tiak memberikan vaksin varicella untuk anak2 balita
adalah karena
1. kalaupun balita kena cacar air, maka penyakitnya akan lebih ringan
dibandingkan kalau kenanya udah remaja atau dewasa (kayak saya dulu, kena
pas smp kelas 2, sama ortu justru kakakku juag ditularin sekalian.)..
2. Kalau sudah kena cacar air, maka akan imun seumur hidup...

sedangkan kalau mbak mau berikan vaksin varicella sesegera mungkin (12
bulan), ya gpp... ada positifnya juga... kalau anak mbak kena cacar air,
gelaja2nya akan lebih ringan dibanding yang belum pernah di vaksin...

-b-