Combo 5 jadwalnya memang sudah ditentukan, karena untuk menyambung
"kesaktian" tubuh anak dari virus ..

Jadi, kalau combo 5nya terlambat, otomatis kondisi badan anak sudah tidak
terlindung secara maksimal... jadi gak ada penagruhnya sama combo 4... tugas
combo 4 sudah selesai :D

ttg cara bujuk anak imunisasi, cara2 yg pernah saya lakukan:

1. Bicarakan jauh2 hari sebelumnya bahwa akan disuntik supaya sehat, supaya
bisa sekolah lagi, bis amaen sama temen, bisa balet, bisa berenang, bisa
jalan2 sama papa mama... de es be

2. Jangan sekalipun nakutin anak dengan suntik,. misal; "kamu kalo nakal
nanti mama bawa ke dokter biar disuntik!!!!"...

3. Yakinkan bahwa suntikkan hanya sakit sedikit.. yakinkan si anak bahwa di
akuat dan mampu nahan sakit ...

4. kasi pilihan, "mau disuntik dimana? tangan kanan apa kiri?.. anak akan
lebih toleran kalau dia diajak ikut andil ambil keputusan.

5. bawa perlengkapan yg banyak :D kemaren pas anakku yg 6 tahun disuntik,
saya minta lokasi suntiknya di halaman bidan (tidak diruangan)... dan saat
bidan ngasi aba2 mau nyuntik, saya minta si anak untuk tiup balon
kenceng2... atau sambil maen pistol air...

terus bawa juga maenan kesayangannya....

6. kita yg dampingi jangan sedikitpun stress... harus santai dan rileks..
karena gak tau kenapa... engalaman saya.. kalau saya cuek or tegaan, anak2
malah jadi lebih kuat :D... kalau saya mewek, anak2 malah jadi ketakutan...

7. kadang suka saya iming2in hadiah.... misal, abis disuntik, lgsg kita ajak
jalan maen di playground or beli mainan yang dia mau... tapi ini gak setiap
waktu yah...

cuma ini sih mbak pengalaman2 saya.. semoga ada manfaatnya :D

-b-