Jadwal imunisasi bisa dilihat di sini.http://www.ayahbunda.co.id/imunisasi
Untuk varisela, atau cacar air, memang ada yang menyarankan usia 12 bulan
diberikan, kemudian diulang 3 bulan kemudian di usia 15 bulan. Kalau sampai
15 bulan belum diberikan, langsung saja diberikan varisela yang pertama.
Anak saya mendapatkan vaksin varisela di usia 2 tahun.
Aslinya vaksin varisela boleh diberikan di atas usia 10 tahun, karena jika
terkena cacar air di usia dewasa, dampaknya lebih parah dan berat daripada
terkena di usia anak-anak.

Usia 15 bulan biasanya diberikan MMR.

DPT 4, HiB 4 dan polio diberikan di usia 18 bulan. Dulu saya ikut jadwal
ini, jadi MMR tidak disimultan dengan DPT, HiB dan polio.

Kemudian pas 2 tahun, saya berikan varisella dan hepatitis A, khusus
hepatitis A diberikan 2 kali dengan selang 6 bulan-setahun.

Kirim email ke