hi mbak Dwi Yuni,

Jadwal imunisasi memang dibuat sudah dari riset berdasarkan perjalanan
penyakit.  Untuk kasus DPT/Hib/Polio, sudah berdasarkan riset kalau infeksi
'gerombolan' penyakit ini cukup banyak kasusnya di usia bayi < 1 tahun.

Namanya tindakan pencegahan, jadi memang jadwal tsb. dibuat agar level
antibodi dalam tubuh anak di usia-usia tertentu cukup ampuh untuk melawan
kemungkinan infeksi penyakit (yang kuman/virusnya 'dilemahkan' atau
'dimatikan' dan diberikan lewat vaksin). Jadi sebaiknya memang tepat sesuai
jadwal :)
Level antibodi yang sudah mulai 'turun' perlu diperkuat lagi dengan
imunisasi ulang (untuk DPT/Hib 3 di usia sekitar 6 bulanan), keterlambatan
jadwal paling nggak membuat risiko terkena penyakit bersangkutan jadi agak
meningkat.

Kalaupun terpaksa sudah ketinggalan jadwal, konsultasikan saja dengan
dokternya dan upayakan segera diimunisasi, mbak :)
Jangan lupa, nanti imunisasi DPT/Hib boosternya usia belasan bulanan ya :)
Jangan lupa juga vaksinasi campak di usia 9 bulan nanti.

Masalah batuk pilek ringan, selama anak tidak demam tinggi dan sangat rewel
atau sedang dalam pengobatan tertentu, seharusnya sih nggak perlu membuat
imunisasi jadi tertunda.  Belakangan para DSA yang saya temui untuk
imunisasi anak2 saya tetap melakukan imunisasi walau dengan catatan
batuk/pilek/demam/diare ringan ini.
Pilihan imunisasi combo (gabungan) atau simultan juga bisa jadi option OK
untuk mencegah 'lupa' jadwal imunisasi atau 'batal' imunisasi karena sakit
:)

happy immunization untuk si kecil ya, mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

<deleted>

Kirim email ke