hi mbak Puji,

Saya tidak punya pengalaman sama sekali dengan asma atau nanganin asma.
Baca e-mail mbak, bisa dimengerti kekhawatiran yang mbak alami sekarang.
Batuk pilek biasa saja bisa sangat tidak nyaman untuk bayi, ngomongin
kemungkinan adanya asma mau nggak mau memang membuat gejala batuk pilek
termasuk salah satu trigger (pemicu)nya, dan buat si kecil lebih nggak
nyaman lagi.

Asumsi saya, pasca rawat inap kemarin dengan diagnosa asma akut mungkin
sudah ditindaklanjuti dengan treatment planning selanjutnya, in case
kejadian sama berulang lagi.

Saya kurang tahu juga apa memang diagnosa 'asma' ini memang sudah
dikonfirmasi dengan kondisi Zayan, so mbak sudah dilengkapi 'ilmu' juga
untuk melakukan P3K saat asma menyerang atau ternyata Zayan tidak sampai
'divonis' penderita asma.

Ada 1 link dari websitenya _Babycenter_ yang membahas tentang asma pada bayi
(http://www.babycenter.com/0_asthma_74.bc), mungkin bisa jadi tambahan info
buat mbak.
Dari kutipan di info tsb., mungkin mbak bisa tetap lakukan home treatment,
perbanyak pemberian ASI (perlakukan Zayan seperti baby yang memang sedang
ngalamin common cold biasa) hanya tetap observasi extra ketat dengan gejala
yang tidak biasa, antisipasi dengan tanda2 serangan asma akut, mis:
* Produksi lendir jadi lebih banyak
* Otot2 mengencang sekitar 'airways' (berhubungan dengan bagian dari sistem
pernapasan tempat keluar masuk udara, yang dimulai dari hidung dan mulut dan
berakhir di alveoli)
* Bernapas cepat, dibarengi batuk atau mulai menimbulkan suara bunyi
* Amandel terlihat meradang
* Kulit sekitar area rusuknya 'terhisap' setiap kali bernapas.

Semoga batuk pileknya sekarang tetap tertangani dengan baik ya, mbak. Jangan
ragu untuk hubungi dokter kalau mulai terlihat reaksi Zayan yang tidak biasa
saat deal dengan batuk pileknya.  Cermati juga jenis alergen di sekitar
Zayan dan hindari sebisa mungkin agar tidak jadi pemicu batpil yang lebih
serius.

Kalau pun harus deal dengan kondisi asma, seperti yang dikutip dari link
tsb. .. "with the right medications, education, an asthma action plan, and
regular medical follow-up, most asthmatic children do just fine"

hope he'll get well soon ya mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi