Sekedar sharing.. Anak saya jg asi campur sufor.. Yah mau gmn,saya lahiran anak
pertama umur sy udh 38 tahun,udh gitu mgkn stress krn melahirkan lwt
caesar,plus kerjaan kantor banyak bgt,jd kepikir scr ga sadar,akhirnya asi nya
jd dikit..anak kehausan terus.. Krn melahirkan di luar negeri,sodara yg dtg
dikit,cuma mertua dan ibu yg notabene taunya praktek jaman dulu kala,plus wkt
itu blm punya bb jd ga leluasa ikutan miling list kyk skrg..akhirnya nyerah deh
sm keinginan nenek2nya utk ngasih sufor sm anak..untungnya dokter anak ga ikut
marahin krn anak dkasih sufor,malah doi bilg udahlah jutaan bayi juga minum
sufor,yg penting bayi sehat..itu mgkn buat nenangin aku.. Btw itu feeling
guilty ada terus sampe anak umur 4 bulan..tp anehnya cerita soal asi,
alhamdulillah skrg sampe umur anak 11 bulan,asi malah lancar ngocor,mgkn krn
udah tambah pinter,ga stress lagi,dan anak jg kan udh makan padat.

Soal makanan padat,mertua saya yg dr sumatra malah menganjurkan anak saya
dkasih pisang uwak,sejenis pisang bt anak kecil,dari anak baru
dilahirkan..kalau yg ini,saya tentang abis2an,dan untungnya berhasil..trus ibu
sya,krn dia jg cucunya banyak ga cuma dari saya,maunya ibu,anak mulai dkasih
mpasi mulai umur 4 bulan..karena sy pikir susu anak jg udh saya campur dg sufor
plus anak jg sptnya sdh pengen makan padat,terlihat dr kalau sy makan,dia
selalu minta dkasih,sy kasih anak bubur tepung beras saring buatan
sendiri,mulai dari 1 sd teh selama seminggu,dinaikkan jadi 2 sd teh,sampai
akhirnya 3 x sehari, 3-5 sendok makan,pd umur 5 bulan,masuk bulan ke 6,anak sy
sudah makan bubur saring,1 mangkok kecil,dan umur msk 11 bulan,dia sudah makan
nasi lembek dg sop sayur.alhamdulillah anak sehat.. Bab pun lancar..Jarang yg
benar2 sakit,kecuali kalo memg ketularan ayahnya flu..

Ya intinya menurut saya,jangan terlalu stress utk urusan makanan,dan jgn juga
membuat istri stress berkepanjangan,krn sdh memberi makanan tambhan sblm 6
bulan.

Intinya asi eksklusif itu adalah utk membuat bayi sebanyak2nya minum asi demi
imunitas badannya,kalo sekiranya termakan walo sedikit makanan pedamping selain
asi..tapi jumlah asi yg dikonsumsi bayi tetap sama,tentunya itu aman2 aja..
Saya concernnya malah dg makanan bayi yg sdh jadi,apakah mmg benar tidak ada
pengawetnya?bgmn dg kadar gula/garamnya?kita harus benar2 membaca
kadar/ingredient barang2 tsb dlm makanan instan bayi.

Sptnya itu lbh serius dibandingkan pemberian makanan lebih dini pada anak bayi
kita..

Sekedar saran saja..

Salam,

Powered by Mama-nya Fathiya ^_^