hi mbak Utami,

Istri temannya mbak ini baru ngalamin kadar gula tinggi saat hamil, atau
waktu sebelum hamil sudah pernah ada 'masalah' dengan kadar gulanya?

Kalau kasus yang ke-1, biasa disebut gestational diabetes, ngalamin ini saat
kehamilan, biasanya akan berangsur hilang setelah lahiran nanti.  Tapi
mungkin tetap ada risiko yang agak serius untuk bayi dan ibunya, mulai dari
risiko caesar (karena BB bayi mungkin jadi lebih besar) sampai risiko
pre-eclampsia yang bisa jadi trigger persalinan prematur, dll.
Untuk bayinya, mulai dari jaundice sampai level kadar gula darahnya saat
lahir nanti jadi rendah sampai risiko diabetes kelak kalau sudah besar.

Kalau kasus yang ke-2, mungkin seharusnya bumil sudah aware dan sudah
melakukan cek gula darah periodik sejak awal kehamilan ini.

So, karena sudah usia 9 bulan, saya pikir DSOG akan cek teratur kadar gula
darah bumil sampai lahiran nanti.  Biasanya cek gula darah ini bahkan
dilakukan teratur beberapa kali dalam sehari (kalau memang kadarnya tinggi),
dan terus dimonitor sampai saat2 persalinan bahkan pasca persalinan nanti.

Sementara itu, bumil tetap harus jaga lifestyle yang tidak memperparah kadar
gula darahnya. (Mis. rajin exercise, mumpung sekalian persiapan lahiran,
diet cukup ketat (konsultasikan lagi dengan DSOG nya, jenis apa saja yang
boleh dan tidak boleh dikonsumsi sekarang2 ini), dll.

Kalau bumil masuk kategori ke-1, mungkin bisa search banyak info lagi dengan
keywords 'gestational diabetes'

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke