From: bunda khadijah [mailto:bunda.khadi...@gmail.com]
Sent: Tuesday, May 31, 2011 9:27 AM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] Re: [ba_oot] Tanya mengenai Hamil diluar
kandungan

Halo Mbak Dwi,

Saya pernah hamil di luar kandungan, dua kali :-D
Yaitu kehamilan ketiga dan keempat.

Kalo dari yang saya alami, nggak ada yang perlu ditakutkan kok Mbak..

Emang sih, perlu operasi :-) Operasinya standar aja kok, mirip2 operasi
caesar yaitu laparatomi.

Malah ada operasi yang lebih simpel yaitu laparaskopi. Jadi nggak ada
pembedahan yang lebar, hanya pembedahan kecil saja. Jadi mirip2 endoskopi
tapi dilakukan di perut begitu. Hanya nggak semua rumah sakit ada dokter
yang bisa laparaskopi. Saya waktu itu di YPK.
Salah satu dokter saya pernah bilang, bahwa ada juga yang hamil di luar
kandungan tapi nggak dioperasi dan berhasil lahir.
Tapi kayaknya ini kasus yang sangat jaraaaaaaang. Pada umumnya hamil di luar
kandungan (di saluran telur) itu nggak bisa diteruskan karena saluran telur
nggak bisa mengembang mengikuti perkembangan bayi.

Jadi biasanya lama kelamaan akan sakit, bahkan bisa terjadi perdarahan.
Kalau terjadi perdarahan
 Kehamilan di luar kandungan disebut kehamilan ektopik (KE). Kalau belum
terjadi perdarahan disebutnya KE saja. Kalau sudah sampai terjadi perdarahan
disebutnya kehamilan ektopik terganggu (KET).

Kira2 yang temennya Mbak Dwi takutkan apa ya? Boleh japri ke saya kalo mau
pembahasan lebih detil.

Salam,
Meu
2011/5/30 Icho Ahmad <icho2...@gmail.com>

> Sepengetahuan saya para mom di sini belum ada pengalaman hamil anak ke 5
> dan di luar kandungan...
> tp mungkin ada yang pernah hamil di luar kandungan
> saya sendiri gak bisa share krn gak ada pengalaman itu.
> mungkin yg lain ya..
> di tunggu aja infonya Mbak Dwi..
>
> coba Mbak Dwi dan temannya search di gogle key wordnya "hamil di luar
> kandungan"
> banyak referensi di sana, salah satunya ini

http://sweetspearls.com/health/gejala-dan-tindak-medis-pada-kehamilan-di-lua
r-rahim-kehamilan-ektopik/

--
Meutia