Sedikit nambahin dari kak Yen.

Anakku Abel (7th) dan Sarah (6th), sejak 2 th lalu selalu aku bangunin untuk
ikut sahur, awalnya memang hanya bangun trus duduk di sofa depan tivi.
Mereka terkantuk - kantuk dan tidak makan sedikitpun.
Pokoknya setiap kita sahur, anak pasti dibangunin. masalah mereka mau makan
sahur, mau puasa masih terserah.

Di tahun berikutnya pun demikian. Ada kemajuan yakni minum teh manis, atau
minum susu, dan makan sedikit
Mereka mulai puasa dengan artian makan pas lapar, jadi biasanya kakak jam
12, adek jam 10 udah makan.
Begitu seterusnya, hingga kakak buka jam 2 siang, pernah jam 3 siang sampai
beberpa hari puasa penuh (tahun lalu).
Kalau adek, jam 10 makan, kadang jam 12 makan, trus dilanjut lagi.

Tahun ini, saya berlakukan sama, setiap sahur dalam 2 hari ini selalu saya
bangunkan, dan sudah tidak ada kata malas. Malah mereka bilang: " Mama kalau
bangunin adek yang keras suapay adek cepet bangun"

Meski dalam kenyataannya tetep aja ngantuk, dan penuh syarat, mereka tetep
bangun. duduk di sofa, makannya sudah mau. Namun pakai disuapin. :) Dan
puasanya adek selalu buka pas beduk, dan si kakak kemarin sudah full,
barusan sy telpon si kakak masih puasa.

Trik saya kali ini adalah: masak menu yang mereka suka dan mereka mau.
Misalnya kemarin inisaya masak sop sosis plus ayam goreng, tadi sahur saya
masak mie rebus dan sayuran, plus telur mata sapi.

Memang kalau kita puasa di hari biasa malah gak ngantuk dan capek, karena
sahur minum saja abis itu tidur, bangun subuh. Sekarang kita harus masak,
dan sahur untuk anak2, plus dengan menu sesuai request mereka. Jadi pas
dibangunkan kita bilang: " Mama sudah masak sop sosis, maem yuukk" Langsung
deh mereka bangun meskipun mata masih sayup2.

Harapan saya, Abel yang sudah 7th, sudah bisa full dalam 1 bulan. Kalau
tarawaihnya masih bolong - bolong.