kalo menurut saya sih, apa arti IMD itu tidak perlu
dipermasalahkan,ya...maaf ya Pak....
soalnya apapun artinya, saat menyusui, ada interaksi yang intens antara ibu
dan bayi..kalo bayinya aktif, tapi ibunya ogah, atau sebaliknya, ibunya
antusias, tapi bayinya ga mau...ya ga akan terjadi....
kalo menurut pengalaman saya dua minggu yang lalu (saya baru melahirkan),
setelah lahir, bayi diobservasi selama 6 jam, untuk penyesuaian diri bayi
terhadap lingkungan barunya. Baru setelah itu dibawa kekamar ibu untuk
disusui... meskipun saat itu asi saya belum keluar, bayi tetap harus
disusui. tujuannya, pertama untuk merangsang agar ASI cepat keluar. Yang
kedua, melatih bayi menghisap dan memperkenalkan bayi pada (maaf) puting
ibunya....
tidak perlu kawatir ketika hari pertama dan kedua ASI belum keluar, karena
dalam tubuh bayi yang baru lahir masih ada cadangan makanan yang cukup untuk
2-3 hari... tapi bayi tetap harus disusui, dengan tujuan seperti yang saya
sebutkan tadi...

sedikit sharing dari saya....
thanks
novi