Hi pagi Bunda Zahra,

Saya lebih suka ke observasi dan cek pencetus alias penyebab batuk Zahra yang
ga sembuh².

Kalau karna alergi, ini ga ada obatnya mba. Alergi bisa banyak macamnya. Kalo
dr makanan, caranya susah² gampang **pengalaman. Misalnya nih, anak batuk ga
boleh makan pisang, coklat, es krim dll. Sebenarnya bukan karna kalo batuk ga
boleh makan makanan tsb tp benernya karna anaknya alergi jadi memicu batuk jadi
lebih parah. Kebetulan anak saya kalo batuk, jika anakku mau makan coklat, es
krim atau pisang gpp. Karna itu makanan ga memicu batuk anak saya tambah parah.
Jadi jangan salah penafsiran ya.

Trus misal kalau alergi debu. Nah ini yg sagat susah euy. Alergi dingin masih
bs dihindari dgn misalnya ga pake AC dll. Kalo alergi debu, harus lap² tiap
hari (bukan tiap minggu) ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ"̮ ... Ribet deh pokoknya tp demi anak, harus
dilakukan.

Tau ga kenapa Zahra minum obat apa aza ga sembuh²? Itu karna batuk ga ada
obatnya. Harus cari penyebabnya.

Dulu anak saya ya seumuran Zahra buset dah batuk pilek sembuh baru juga sehari,
bsk mulai lagi batuk. Apalagi sekolah...disekolah kan selang AC seluruh
sekolahan tuh sama. Jadinya tuh kalo ada 1 anak sakit otomatis virus kemana²,
dan anak² yang daya tahan tubuh lagi lemah misalnya baru sembuh sakit, akan
kena lagi tuh. Begitu seterusnya.

Virus intinya ga ada obat yang bisa menyembuhkan. Yg penting kasih minum
banyak² air hangat. Tiap 5 menit suruh minum segelas kecil. Ga usah takut
anaknya kembung karna pasti akan dipipisin ƗƗɐƗƗɐƗƗɐ"̮ .
Kalau kita terus²an kasih obat, tidak akan 'mengajarkan' tubuh anak utk
membentuk anti bodi nya sendiri. Treatment hanya dgn minum air putih yang
banyak. Or makan makanan spt sop juga gpp. Ga harus air putih. Yg penting
cairan karna akan bantu mengurangi dahaknya. Dahak kan ga harus keluar dr
mulut. Bisa dr hidung (berupa ingus) or dari pup (pup keliatan berlendir or
agak cair).

Kesian anak² sekecil itu disuruh minum obat terus. Obat itu racun loh
sebenarnya. Cmiiw. Ada penyakit yang penyebabnya bakteri dan memang perlu obat,
ya minumlah obat.

Obat dari dokter nih ya biasanya untuk anak² berupa puyer. Puyer biasanya
campurannya berupa antibiotik yg ga cuma semacam tp bisa sampe 5 macam yang
ukurannya ga seimbang. **tepok jidat.
Kebayang kan ...

Jadi yuuuk, biarin anak membentuk antibodi tubuhnya dan melawan virusnya pake
tubuhnya. Memang pertama akan lamaaaa banget sembuhnya. Tapi begitu antibodinya
udah kebentuk, kalo batuk pilek sembuh bs dalam 3hr doank loh. Pertama emang
nyiksa banget kesian anaknya :p

Sorry ya kepanjangan :)))

Semoga sedikit memberikan pencerahan ya.

Happy monday !

Muachhh buat Zahra ahhh

Regards,
Wenta