untuk dr segi agama saya pernah mengutip artikel syarinya di blog tentang ini
 http://multiply.com/m/item/ummufaishol:journal:3

anak ke3 saya perempuan, pas umur 7hari saya kontrol jahitan ke bidan
sekalian sunat. bidan pake gunting steril, sedikiiit banget kulit ari
(maaf) klitoris digunting, berdarah sedikit bgt trus lgsg dikasih
kapas betadine. nagis bentar dinenenin bentar jg dah diem lg kok. abis
itu pulang ke rmh jg dah kering bekasnya.

jadi jgn khawatir bunda, sebaiknya cari bidan yg bener2 berpengalaman
ya. kbetulan bidan saya mahir dan muslimah yg taat plus mengerti
syariat :) jadi melakukan sunat sesuai tuntunan yg ada di hadits2 dan
tidak sperti praktek2 di luar yg salah.

maaf bila ada yang tak berkenan

rita

--