hi mbak Hartini,

Baca e-mail nya mbak, kalau memang sudah dilakukan pemeriksaan dalam dan
treatment-nya sementara ini adalah antibiotik, mungkin diagnosa sementara
ini adalah Cervicitis.
Salah satu info tentang cervicitis bisa dibuka di websitenya _Mayo Clinic_ (
http://www.mayoclinic.com/health/cervicitis/DS00518)
Di website yang sama, ada juga dibahas kondisi/gangguan lain yang
melibatkan serviks.
Asumsi saya, kalau memang kondisinya lebih 'serius' daripada itu dokter
sudah menyarankan untuk teman mbak mengikuti pemeriksaan medis lanjutan.

Pengalaman perdarahan pasca bersalin mungkin saja bukan karena ada infeksi
seputar alat reproduksinya, tapi kasus 'belum bersih' rahim pasca bersalin
(saya ingat setiap kali paca bersalin normal dan sudah dibersihkan, diminta
untuk tidur di bed at least 1 jam ke atas, masih di ruang bersalin, tidak
dulu beraktivitas selain melakukan Iniasiai Menyusui Dini. Ini pun
antisipasi in case ada perdarahan susulan pasca bersalin)

Di link tsb., perdarahan 'abnormal' (setelah berhubungan pasutri, tidak
sedang haid, sudah mengalami menopause) termasuk salah satu gejala yang
dialami wanita yang cervisitis. Gejala lainnya: nyeri pasca berhubungan
pasutri, nyeri berkemih, ada vaginal discharge (keputihan) yang tidak biasa.

Pemberian antibiotik mungkin diharapkan untuk menyembuhkan infeksi yang ada
di area serviks itu.  Pastinya dokter yang menangani sudah punya list
diagnosa juga terhadap kasus seperti ini, apa mungkin hanya infeksi (ends
up dengan terapi obat), kemungkinan efek samping dari hubungan seksual (ada
terapi lainnya atau ada pantangan hubungan pasutri dulu), atau indikasi
lain (ends up dengan medical test lanjutan).

Asumsi saya juga, mungkin dokter sudah ambil sampel dari pemeriksaan dalam
kemarin, supaya hasil lab dari sampel itu bisa semakin
menegakkan/meruntuhkan diagnosa beliau.  Kalau ada keluhan sakit juga waktu
berkemih, test urine bisa juga dijadwalkan.
Saya pikir untuk kasus seperti ini, semua Obgyn bisa menangani, pilih saja
yang menurut teman mbak enak diajak konsultasi dan kompeten :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi

Kirim email ke