hi mbak Nadira,

sorry for late sharing :)

Gimana? Sudah di-observe pola BAB nya si kecil?

Saya pikir kalau memang selama ini asupan nutrisinya hanya sufor, dan
1 bulan terakhir ini BAB nya bermasalah, mulai kaji ulang dengan
sufornya :)

Sufor kan nutrisi pabrikan, yang memang formulasinya sudah dibuat
'seragam' mulai dari hygienitas-nya, packagingnya, sampai kandungan
gizinya.  Dan paket yang 'seragam' ini dipekenalkan dan coba
dikonsumsi dengan berbagai macam bayi yang bervariasi pula daya
terima/sistem pencernaannya :)
Logisnya, dengan formulasi 'seragam' seperti ini, dia mungkin tidak
'smoothly flexible' seperti ASI yang kuantitas dan kualitasnya benar2
mengikuti perkembangan bayi ... unique and personally :)

Jadi 'deal' dengan sufor sama dengan open untuk 'trial and error'.
Selalu siap dengan masa2 sufor sudah tidak cocok lagi dengan
pencernaan si penerima dan siap 'berganti' dengan merk lain.

Saya pribadi selalu agak 'tidak sreg' dengan panduan
'diencerkan/dikentalkan' sufornya, karena di keterangan yang tercantum
di luar kaleng/box nya, sudah 'plek' tertera bahwa takaran sekian
berisi kandungan gizi sekian :)  Mengurangi 'dosis' takaran bukannya
otomatis merubah formulasi/kandungan nutrisi yang diharapkan sang
produsen sufor untuk 1x meal time ya? *bingung juga* hehe

So mbak, mulai dengan 'melirik' brand sufor lainnya yang kira2 cocok
dengan pencernaan si kecil :)  Persering minum air putih matang dalam
porsi sedikit2 dan tetap amati (air putih di sini bisa diberikan
karena toh sufor pun diseduh dengan air putih kan ya? :))  Saya lebih
setuju memperbanyak air putih dengan cara ini dibandingkan dengan
mengencerkan ;)

semoga si kecil segera 'bye bye' dengan BAB keras ya, mbak :)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi