From: Rhein Astrisandy <rhein.astrisa...@gmail.com>
Date: Fri, 9 Mar 2012 16:30:18
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda] Balita Diajarkan Calistung, Saat SD Potensi Terkena
 'Mental Hectic'

ow, masih kecil y bu
klo disini Tk A g % tahun itu bu, didesa soalnya anak kecilnya banyak
sekolah TK-nya daya tampungnya kecil, jadi yang belom 5 tahun belom boleh
masuk TK. Kalistung juga diajari mulai semester 2 TK A

cuman yang jadi pertanyaan itu, apakah metode mengajar berpengaruh y?
klo santai, anaknya ndak di paksa duduk manis, sambil main, hitung mainan :)

saya juga khawatir mbak, soalnya anak saya yang sulung dari umur 2th dah
bisa baca. Maklum anak pertama, ibunya semangat. Saya rajin ngeflash, trus
pas 3 taun dah lulus tuh Learning Math With Albert dan English Time.
Sekarang Anak saya hobby banget baca, pagi-pagi sebelum berangkat sekolah
koran dia baca duluan, pulang sekolah lanjut. Sampe saya bosen
dorong-dorong pergi main sama teman-temannya. Tapi klo diajak ke Gramedia
ato togamas wah bahagia sekali dia, katanya baca buku gratis. Apa lagi
ayahnya suka beli buku.... jadi khawatir juga. Klo anak saya yang kedua,
senang bergaul, belajar musti dijagain, bayinya dulu memang tidak pernah
saya ajarin baca, malah ikutan kakaknya klo ngaji, jadilah lebih bisa baca
huruf arab dari pada baca ABC :) klo yang bungsu baru TK A. Baca tulisan
sebelumnya jadi khawatir sama anak sulung saya, semua dibaca, lebih suka
pake gogle atau menuju rak buku ayahnya untuk jawab pertanyaan dari pada
nanya saya. sedih juga, karena saya kurang berpengetahuan.

wah jadi curhat
mending mba.... deh, putranya bru belajar baca umur 4th

--
Tetap semangat

Rhein Astrisandy
http://www.cintabunda.com/