hi mbak Aidina,

Thanks for sharing-nya, mbak :)

Hanya 'tambahan' sedikit ;)
Sebetulnya bukan usia 3 bulan produksi ASI drop.  Kalau lihat
grafiknya dari link tersebut
(http://kellymom.com/momblog/bf/got-milk/basics/milkproduction/),
grafik tsb. menunjukkan turun drastisnya level hormon prolaktin dalam
darah saat baby berusia 3 bulanan ke atas.  Bukan hanya usia 3 bulan
saja, tetapi seterusnya (dilihat dari grafik hormon yang terus dalam
level rendah bahkan di atas usia 3 bulan)

So, di saat itulah, Laktogenesis 3 'semakin berperan', ibu menyusui
tidak lagi bergantung pada kadar hormon untuk meningkatkan ASI tapi
karena 'rajin tidak'nya mengeluarkan ASI dan mengosongkan payudara.
Hormon2 progesteron dan prolaktin sudah tidak memegang peran penting
lagi and .... this is the time when hard works begins :)

Jadi usia baby 3 bulan, produksi ASI bisa melimpah?  Bisa banget!
Dengan rajin menyusui dan mengosongkan payudara tadi. Ini mungkin
tahap challenge nya dan itu juga yang sudah dibuktikan mbak Aidina
untuk si kecilnya kan? ;)

Sekadar contoh:
Saya termasuk ibu yang menyusui eksklusif tetapi cepat mendapat haid
(masa terlama 'tidak haid' itu hanya pada waktu Luigi usia 7 bulan).
Untik 3 kakaknya, bahkan sebelum mereka kenal MPASI, saya sudah
mengalami haid lagi.
Kondisi ini juga yang termasuk mengurangi jumlah serum hormon
prolaktin dalam darah - dan karena saya tahu saya masuk kategori ini,
tapi nggak mau kehilangan momen untuk memiliki produksi ASI yang
mencukupi, saya aplikasikan sifat hormon prolaktin ini refer to link
yang lain: (http://www.kellymom.com/bf/normal/prolactin-levels.html).
Saya pernah shared hal ini juga di milis ini waktu 'merayakan' wisuda
ASI eksklusif Aleta :)
http://www.mail-archive.com/balita-anda@balita-anda.com/msg209353.html
So no wonder, I love this website ... :) sangat menolong segala
'kegalauan' saya untuk urusan ASI hehehe

Dari salah satu sifat hormon ini, refer to link tsb. : "Level
prolaktin mengikuti 'ritme circadian (tipe ritme biologis), level pada
saat malam hari (waktu tidur) lebih tinggi dibandingkan siang
hari. ... Nah, inilah yang saya lakukan dengan rajin: menyusui
dan/atau memerah saat malam hari .. dan membiarkan anak2 saya menyusui
sampai 'kosong' pabriknya :) Hihi ... sebenarnya bukan 'membiarkan'
tapi lebih tepatnya ikut 'tertidur' juga (breastfeeding is quite a
good sleepy medicine :))

Ternyata terbukti bahwa walau hormon prolaktin sedang sangat rendah di
usia bayi saya sekian bulan itu, ditambah level hormon prolaktin saya
lebih rendah dibanding ibu menyusui lain yang belum haid selama 6
bulan pasca persalinan, stok ASI saya mencukupi their needs ..
significantly :)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi