From: Sylvia Radjawane <sylvia.radjaw...@gmail.com>
Date: Wed, 7 Mar 2012 15:19:14
To: <balita-anda@balita-anda.com>
Subject: Re: [balita-anda][Links] How breast milk work? .. :) (was: 6 bln
 minum susu 1500cc/hari)
hi mbak Anita & all BA moms :)

Tergelitik juga nih dengan beberapa e-mail(s) akhir2 ini tentang baby
kita yang 'alergi' susu, 'pola BAB tidak teratur bukan karena ASI'
dll.

Entah kenapa, mulai tidak sedikit lagi baby yang alami hal2 seperti
ini.  Asumsi saya, risiko sufor seperti ini semakin besar kalau sudah
ada dalam kondisi: baby lahir lewat caesar/c-section, minum sufor
sejak lahir, ibu atau keluarga ada bakat alergi.

Dulu pernah saya shared (copy paste tepatnya ;)) artikel di _Kompas_
tentang korelasi yang kuat antara bayi yang lahir caesar dan alergi
yang mungkin dia alami
(http://www.mail-archive.com/balita-anda@balita-anda.com/msg221553.html)

So, saya meng-encourage semua moms yang sedang bersiap2 untuk
melahirkan dan/atau sedang enjoy dengan newborn-nya untuk melihat
lebih cermat dengan kombinasi fakta: persalinan c-section dan/atau
minum sufor dan atau berasal dari keluarga 'bakat' alergi :)

Satu lagi, ternyata program ASI (eksklusif) itu memang NGGAK MUDAH/the
hardest one in the beginning but it is worth it! :)
Saya bersyukur dulu sempat baca artikel tentang bagaimana cara ASI
bekerja dan memanfaatkannya dalam program ASI kepada 4 krucils saya :)
Saya dapat artikel ini dari 'link' favorite saya untuk per-ASI-an,
www.kellymom.com.

Dari: http://kellymom.com/momblog/bf/got-milk/basics/milkproduction/,
saya belajar dengan tahu 'tricks' nya, kita bisa meningkatkan (saat
fase menyusui) atau menurunkan produksi ASI kita (saat menyapih).

Summary-nya kalau saya boleh sharing:
Ternyata sebelum kita kenal istilah 'supply and demand' untuk ASI yang
popular selama ini, ada 2 tahap yang pasti dilalui oleh setiap ibu
hamil dan siap bersalin.  Tahap itu namanya Lactogenesis 1 dan
Lactogenesis 2.  Secara umum, 2 tahap itu adalah masa2 hormon
progesteron dan prolaktin kita 'hide and seek' :)
Dan karena 2 tahap ini 'hormon belaka', buat setiap ibu yang menyusui
atau memilih tidak menyusui pun akan mengalami ke-2 tahap ini ... wong
2 hormon itu ada dalam tubuh kita kan? (kecuali secara memang hormon
ini mengalami gangguan fungsi secara medis)

Lactogenesis 1? Ini saat dimana hormon progesteron sedang 'trend'
banget, masa di mana ibu hamil di pertengahan usia kandungannya, mulai
memproduksi colustrum dan produksi ASI ini  makin aktif di masa
menjelang persalinan.  Kenapa nggak 'tumpah'? karena kerja hormon tadi
yang buat ASI 'tetap' sedikit di tubuh ibu (great divine control ini
namanya :))

Lactogenesis 2? Nah ini fase yang membuat ASI diproduksi melimpah
ruah.  Mulai dari plasenta dikeluarkan DSOG - itulah saat level hormon
progesteron drop dan hormon prolaktin meningkat.  Kita semua tahu
hormon prolaktin punya andil besar dengan banyaknya ASI.
Kapan nih kejadian Lactogenesis 2 nya?  Ouch ... tidak waktu di ruang
bersalin atau waktu anak kita berusia beberapa jam.  Riset sudah
membuktikan .. ini terjadi 30-40 jam setelah bersalin (dengan rentang
toleransi 50-73 jam setelah bersalin)!
So, kalau baru bersalin 'panik' karena ASI belum keluar, ya jelas ..
karena Lactogenesis 2 belum eksis benar :) .. jangan dulu frustrasi,
mom! :) .. memang secara ilmiah belum waktunya untuk panik kok hehe

Nah, baru setelah 'hide and seek' 2 hormon tadi tidak lagi berperan,
masuk deh fase Lactogenesis 3, fase untuk me-maintain jumlah ASI.  Di
sini nih, kontrol dari payudara terhadap jumlah ASI berperan. Di sini
juga prinsip 'supply and demand' berlaku :)

Link di atas memaparkan formulasi yang menarik:
1.Payudara PENUH = Produksi ASI melambat
2.Payudara KOSONG = Produksi ASI meningkat
Dari mana asalnya? Mungkin harus dibaca link di atas untuk lebih
detilnya, otherwise e-mail saya bisa jadi cerbung ;)
Intinya, setelah baca caranya, nggak mungkin kalau bukan design ilahi
membuat pengaturan  'operational management' pabrik ASI ini bekerja :)

Kalau kita sedang menjadi mama kategori 2 - ingin buannyakk ASI nya,
terapkan tricks untuk membuat payudara selalu kosong (disusui sering,
keep the baby suck the breast milk from 1 breast for longer time,
diperah sering, dll).
Dulu saya menyusui para krucils saya selama mungkin dari 1 payudara,
karena ingat teori, 'hindmilk yang kaya lemak keluarnya belakangan
dari ASI' .... lha ternyata selain memang hindmilk diperoleh baby,
payudara juga terkondisi kosong dan otomatis diisi terus oleh 'pabrik'
nya :)

Atau kalau baby kita sukses berat menyusui sekaligus 'mengosongkan'
stok ASI dari dada ibunya, mau perah ASI buat stock? cepat ambil waktu
di antara jeda menyusui, saat ASI masih terakumulasi sedikit di
pabriknya :)
So the key is: mengeluarkan sebanyak mungkin ASI, dan melakukannya
lebih cepat da lebih sering :)

Nah, kalau sudah masuk tahap menyapih - masuk kategori 1, lakukan
'kebalikan' dari kategori sebelumnya. Biarkan ASI terasa 'penuh' di
payudara lalu susui, mulai 'jangan biarkan' si toddler tidak 'menguras
habis' produk ASI ibunya, tawarkan dada satunya sehingga kondisi ASI
masih penuh dan otomatis mengurangi produksi ASI. Dengan cara ini
bahkan kita tidak perlu 'mengurangi' frekuensi toddler kita menyusui
dan akhirnya 'tersapih' karena 'pabrik'nya sudah mau 'tutup' hehehe

Satu lagi yang menarik, kapasitas penyimpanan ASI itu tidak bergantung
dari ukuran payudara.  Analogi-nya: payudara seperti sebuah cangkir.
Kita dapat minum air sebanyak-banyaknya dengan mudah seharian penuh
menggunakan cangkir ukuran apa saja, besar, sedang, kecil, you name it
:)  Tapi waktu kita menggunakan cangkir ukuran kecil, kita perlu
'mengisi ulang' nya lebih sering.  Dengan menerapkan prinsip payudara
kosong = produksi ASI meningkat cepat ... voila! dahaga buah hati kita
sepanjang hari pasti terpenuhi :D)

So, breastfeeding is hard sometimes exhausting .. but very
unbelievably rewarding and ultimately worth it!

salam ASI:)
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi