Ethan lahir prematur ? Kalo dirunut kebelakang, seharusnya Ethan mendapat
makanan padat diusia 6mth + sisa kekurangan waktu seharusnya dia lahir. Semisal
Ethan lahir di 7mth, berarti makanan padat pertama adalah 6 + 2mth jdnya di
8mth.

Bila sekarang sudah diberikan makanan padat, yg dievaluasi adalah: jadwal,
jenis makanan, dan cara pemberian makan.

Saya percaya bahwa semua jenis perkenalan itu perlu waktu dan bertahap, makanya
untuk perkenalan makan saya tidak pernah memaksa dan membuat perencanaan makan
seperti orang dewasa yaitu 3x sehari.
Dulu, saat saya memberi mpasi pertama ke anak saya, saya berikan bubur tepung
beras merah, encer seperti air, dan hanya 1x dalam sehari. Kenapa, wong baru
kenalan, kok lagi pula bukankan usia itu masih asi yg utama ?. Dibulan2
selanjutan saya tambah waktu pemberiannya dengan variasi makan yg sesuai dengan
tahapan usianya pula.  Kapan pemberiannya, ortunya yg paling
 tau saat yg tepat untuk ngasih, yaitu disaat dia tidak terlalu lapar dan tidak
ngantuk.
Cara pemberian, tidak memaksa, ini yang terpenting. Memaksa makan, tidak ada
manfaatnya, malah akan berakhir dengan gerakan tutup mulut si anak. Terjadwal,
boleh2 saja, tapi jgn trus jadi sakleg, diperhatikan kondisi anaknya itu saja.

Diusia Ethan yg masuk bulan ke-2 waktu makan, makanan diberikan 2x saja. Bisa 1
makan jenis cerelia, 1 x pure buah/sayuran. No gul-gar.
Penting adalah Jauhkan dari camilan tidak bermanfaat seperti biskuit yg tinggi
gula dan garam serta konsumsi terigu yg belum waktunya.
Camilan yg tidak perlu menyebabkan anak sudah kenyang sebelum waktu makan, gula
dan terigu menyebabkan dia kelebihan energi sehingga maunya main saja, garam
memperberat kerja ginjalnya.

Perhatikan pula, kemungkinan kesakitan akibat proses tumbuh gigi yg menyebabkan
anak malas /ogah makan dan minum.

Anak kita anak pintar, mereka selalu memberi kita isyarat kepada kita, ada apa
dengan tubuhkan bila dia melakukan sesuatu yg tidak bisa dari adatnya. Kita
sebagai ortu juga belajar menjadi pintar dan kreatif mengatasi masalah anak.

Multi Vitamin penambah napsu makan, hemmm, bukan ini ya jawabannya. Belum tentu
anaknya juga mau buka mulut, adanya dicekokin, malah makin rapet mulutnya
hehhehe. Malah bisa2 nambah stress ortunya, udah dibeliin mahal2, diminum
kagak, tumpah2, anaknya makin rapet mulutnya. Multivitamin ini juga dibuat dari
zat2 artifisial bukan sumber alami, sehingga justru memberatkan kerja ginjalnya
yg mungil yg seharusnya bebas dari kerja keras.
Pun susu yg katanya penganti makanan, wah itu iklan paling menyesatkan. FYI,
susu penganti makan yg diiklankan di TV itu, diluar negeri ternyata hanya
diberikan kepada pasien rumah sakit yg belum pulih dari sakit sehingga fungsi
pencernaanya belum bekerja dengan baik, jadi bukan untuk anak sehat yg
mengalamin masalah makan ya.

Jangan patah semangat ya, kalo bisa sempatkan cuti 1-2 hari untuk melihat ada
apa sih sebenernya dengan si kecil untuk memperoleh jawabannya. Semoga
masalahnya cepat teratasi.

Valeria