From: Yanti [mailto:ya...@bukopin.co.id]
Sent: 19 Maret 2012 15:18
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: Re: [balita-anda] [OOT] Bingung pilih KPR

Saya KPR menggunakan BNI Syariah dengan sistem pembayaran flat.

Benar kata Mbak Anita, klo di bank konvensional pembayaran KPR antara pokok

dan bunga menggunakan prinsip segitiga terbalik, dimana porsi bunga akan

lebih banyak daripada pokok pada 1/2 periode pembayaran. Dan yang pasti

bunga akan mengikuti pergerakan sesuai bunga yang berlalu pada saat itu.

Sedangkan pada pembiayaan syariah dari pembayaran pertama sampai selesai

kontrak akan membayar dengan jumlah yang sama. Memang klo di hitung2

sepertinya lebih besar tapi kita gak pusing dengan naik turunnya bunga bank.

Satu lagi klo rate margin yang digunakan pada saat akan menentukan besar

kecilnya "bunga" yang kita bayar sampai habisnya cicilan, tapi itu bisa

diakalin kok.

Sharring aja, waktu saya ambil KPR pada bulan oktober 2008, dimana waktu itu

bunga sedang tinggi2nya. karena terpaksa ya diambil juga, mau gimana lagi.

Saya ambil untuk 15 tahun pembiayaan . Tapi setelah membayar selama 2 tahun

saya minta akad kredit ulang, karena saya lihat waktu itu bunga kredit bank

lagi rendah. Akhirnya sisa kredit saya yang semula tinggal 13 tahun dengan

melakukan akad kredit baru di bank yang sama menjadi sisa 8 tahun dengan

besar cicilan sama dengan sebelumnya. Kan lumayan banget bisa ngurangi

cicilan selama 5 tahun.