Hi mbak Valeria,

Berhubung saya menyekolahkan anak2 saya di sekolah berkurikulum
nasional, saya hanya bisa sharing dari pertanyaan mbak yang ini :)
"Jika pengaruh di kefasihan, bisakah kemampuan ini kita kejar dengan
memberi tambahan les bahasa Inggris ?"

Saya pribadi menanamkan prinsip untuk 'mencintai' bahasa Inggris dan
'menguasai' bahasa Indonesia yang baik ke anak2 saya.
Mungkin dengan prinsip ini tidak akan terjadi perubahan instant anak2
saya langsung 'cas cis cus' dengan bahasa ini di usia muda:), tapi
memang kami ingin mereka paham apa yang mereka tulis dan mampu menulis
apa yang mereka ingin sampaikan dalam masing2 dan lintas kedua bahasa
tsb. kelak.

Praktisnya, tetap mengikuti kurikulum bahasa Inggris yang diajarkan di
sekolah mereka (mereka menggunakan text book & work book _BackPack_ ,
Herrera, M., Pinkley, D., Peason Longman yang menurut saya sudah cukup
baik kualitasnya).
Kami akan 'memperkayanya' dengan buku bacaan di rumah, dan selingan
percakapan atau bahkan hanya menjawab, 'ma, kalau xxxx bahasa
Inggrisnya/bahasa Indonesianya apa?' dari buku/bacaan./dialog/teks
yang mereka baca.  Saya selalu usahakan untuk menjawab dengan benar,
kalau pun lupa/nggak tahu akan segera mengantisipasinya dengan 'go
grab the dictionary' atau 'googling' bersama mereka.  Hanya berharap,
kebiasaan seperti ini tertanam juga di benak mereka sejak dini,
sebagai good habit untuk menguasai bahasa asing :D

Tambahan lagi, tiap anak punya level 'strength' yang berbeda dalam
kepandaian berbahasanya. Sampai saat ini, hanya Rena yang sudah bisa
saya ajak conversation in English secara aktif sebatas tenses yang
sudah dia pahami :)

So, sampai kami orang tuanya bisa menilai bahwa anak2 kami sudah
'mencintai' dan 'menguasai' bahasa Indonesia dengan baik sesuai
usianya, kami tidak perlu kuatir untuk issue ini.  'Fasih' tinggal
'mengikuti' nanti seiring usia dan perkembangan hidup mereka :)
Lha orang tuanya saja, yang baru 'melek' bahasa Inggris di kelas 1 SMP
dan nggak pernah ikutan les tapi bisa bahasa ini dengan level 'not bad
lah', mereka pasti jauh lebih bisa ;)

cheers,
Sylvia - mum to Jovan, Rena, Aleta & Luigi