Dear all,

Mau ikutan sharing aja.. :-)

Kalau menurut saya, yang terpenting dalam berbahasa Inggris adalah anak
terbiasa mendengar dan berbicara dalam bahasa Inggris. Zaman sekarang,
bahasa Inggris jadi kemampuan "wajib" yah.. Ngga usah kerja di luar negeri,
kerja di Indonesia aja, orang luar negeri sudah berdatangan, akhirnya tetap
juga perlu juga :-)

Kalau ditanya apakah akan kemampuan bahasa Inggris berpengaruh ke kemampuan
di bidang lain, sepertinya ya. Kemampuan bahasa bagaimana pun melatih otak,
dan akan ada pengaruh positifnya ke bidang lain walaupun tidak mudah dicari
korelasinya :-) Dan kalau kita bicara dengan orang-orang hebat di masa
lalu, biasanya dibarengi dengan kemampuan berbahasa lebih dari satu
bahasa..
Untuk jangka panjang, kalau kita bisa banyak bahasa, tentunya lebih banyak
sumber informasi yang bisa diakses.. hehe kalo ini kejauhan ya
pembahasannya untuk kasus anak TK :-)

Kembali ke pembahasan kemampuan Bahasa Inggris, kalau sekedar mendengar dan
mengerti, bisa lewat nonton TV, film-film berbahasa Inggris yang ada
terjemahannya Bahasa Indonesia.

Tapi untuk bisa terbiasa berbicara, perlu sering-sering bicara, sehingga
tanpa terasa anak "bisa dengan sendirinya". Dan supaya terbiasa, akan lebih
mudah jika setiap hari digunakan sebagai bahasa sehari-hari, daripada
"khusus" digunakan ketika les. Dan walaupun di rumah sehari-hari orang tua
tidak menggunakan bahasa Inggris, anak tetap terbiasa berbahasa Inggris.
Apa lagi kalau SD-nya juga diteruskan bilingual, dan mewajibkan untuk
bicara bahasa Inggris dalam interaksi sehari-hari, bisa dibilang di
sebagian besar waktunya yang dihabiskan di sekolah, dia berbahasa Inggris.

Dan untuk les pun, perlu diperhatikan dulu, penekanannya lebih ke arah apa?
Kalau ke grammar, anak tetap tidak terbiasa bicara. Sama seperti kita yang
belajar Bahasa Inggris mulai dari SMP dan fokus ke tata bahasa.

Dan semakin cepat dimulai, semakin mudah untuk anak terbiasa, semakin dia
tidak meraca canggung, walaupun ada faktor kemampuan masing-masing anak
juga. Dua anak saya, yang pertama masuk ke sekolah bilingual di kelas 1 SD,
yang kedua masuk di TK A. Yang TK A ini lebih lancar berbahasa Inggris,
dengan aksen yang lebih baik.

Mengenai pembiasaan bahasa Inggris oleh orang tua, walaupun lingkungan
tidak mendukung, sebenarnya sangat bisa dilakukan. Tapi memang harus sangat
konsisten, misalnya jika memang ibu yang akan menggunakan bahasa Inggris,
maka ibu benar-benar harus terus berbahasa Inggris. Teman saya ada yang
menerapkan demikian, dan anaknya lancar berbahasa Inggris dengan cara itu.
Yang perlu dipastikan adalah kemampuan Bahasa Inggris ibu harus baik,
karena anak akan meniru "sepenuhnya" apa yang diajarkan ibu tersebut.

Sementara itu dari saya, semoga bermanfaat :-)

Salam,
Meu