From: Kusumaning Tias [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Thursday, January 15, 2004 2:14 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] lepas diaper umur berapa ya?

Mom,
Anak saya, 26 bln, kalo siang di rumah juga ngga pakai diaper cuman kalo dia pergi
sama tidur malam masih pakai. Terus solusinya bagaimana? padahal beratnya aja sekarang
udah 16 kg dan kalo pakai ukuran yg plg besar XL.
Pls sharing-nya.
Salam,
Mama Shafa

nining wrote:
Mbak Wanda,

kalau saya sich, udah mulai mengajari "toilet training" sejak baby saya umur
6 bulanan sampai sekarang. memang sich kita sebagai mamanya harus ingat
berapa jam si baby ini BAK. misal 2 jam sekali, maka setiap 2 jam sekali
kita ajak ke toilet untuk BAK.
trus kalau BAB itu dia sehari berapa kali. nah waktu-waktu tertentu itu kita
ajak atau gendong lagi dia ke toilet.

biasanya kalau bayi bangun tidur itu pasti akan BAK. makanya juga kalau
bangun tidur, entah pagi siang malam. itu kita ajak lagi ke BAK.

baby saya sampai sekarang juga begitu. alhamdulillah dia sudah ppunya
isyarat kalau mau BAK atau BAB. maklum kan belum ngomong abis masih 11 bulan
sich.
nah yang capek kalau malam, apalagi saya sedang hamil jalan 5 bulan ini. wih
bisa 3 - 4 kali dia ke toilet. dianya sich enjoy aja. tapi dia ke toiletnya
di gendong . alias gak duduk sendiri. "ditatur" kalau basa jawa.

masalahnya sekarang. dia gak mau BAB dan BAK selain dirumah sendiri.
oke mbak wanda . gimana udah kenceng-kenceng nich perutnya......

NIning