bundanya adra,

dibeliin potty aja, kan banyak tuh bentuknya lucu2. biar si adra
seneng, jadi kayak main2. tapi klo mau di kloset juga bagus
cuman agak ribet. beliin aja tutup klosetnya. bentuknya jg lucu2.

klo umur 16 bln kan udah ga terlalu sering pipisnya, pupnya jg udah 1x
sehari kan?! kira2 aja. lagian udah bisa omong, lebih enak tuh.

klo Angina dari 2 bulan udah saya latih toilet training. waktu masih
bayi gitu pokoknya tiap 2 jam pasti saya pipisin. klo ga keluar pancing
pake air, alat kelaminya ditetesin air, ntar jg keluar. itu waktu bayi.
tapi setelah 4 bulanan saya dudukin dipotty. klo pup, tiap bangun tidur
pagi saya langsung dudukin di pottynya +/- 10 menit pasti keluar pupnya.
klo pipis pasti ketauan, biasanya si baby tampangnya meringis2 gitu, trus
agak ngeden2 dikit. langsung aja dibukain celananya dan dudukin
dipottynya/bawa ke toilet.

hasilnya... lumayan, dari usia 1 th udah ga pernah ngompol lagi baik
siang maupun malam. dan ga kenal lagi ama yg namanya diapers.
pergi2pun nyante ajaa...ga pernah tuh pipis dicelana. dia pasti bilang,
langsung aja bawa ke toilet. soalnya klo dipakein diapers dia ngamuk,
ga mau dipakein. klo mo pipis waktu dibawah 1 th bilangnya dgn cara nunjuk2
pepeknya..hiihihi. setelah 1 th sih omong pipis/pupnya udah lancar. klo
sekarang (21 bln) klo mo pipis dia ambil sendiri pottynya, trus buka
celananya sendiri, die dudukin deh. abis pipis pottynya dia bawa ke kamar
mandi..hihii meringankan kerjaan mama & neneknya. kecuali pup pasti saya
tungguin, takut die bawa sendiri ke kamar mandi..ntar klo jatoh kan
bahaya tuh... :-)

rencana mulai 2 tahun mo saya buang pottynya dan mo ke closet/kamar
mandi aja klo pipis/pup. sekarang jg dianya sih mau2 aja, cuman klo
malem saya suka males bawa2 dia ke kamar mandi hihihi...

ps:toilet trainingnya harus continue everyday, jangan sampe
terlewatkan klo mo sukses. buat anak senyaman mungkin, biar suasana
pee/pupnya menyenangkan.

itu aja sharingnya..sorryyy panjangg bangett!!!

--
Best regards,
Angina's Mom                             mailto:[EMAIL PROTECTED]