From: infobdg [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, January 21, 2004 11:14 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] Anak susah makan

Mungkin saya bisa sedikit sharing pengalaman yg sama dengan kasus bundanya
Azalia mengingat usia anak hampir sama.
Tadinya anak saya juga sama susah makan tapi susunya kuat, walaupun   sudah
diberikan selingan menu biar nggak bosan tapi tetap saja masih suka diemut
lama dan ujung-2nya dilepeh (dibuang).

Saya coba beberapa trik dari yg pipinya saya tekan halus sambil bilang "ayo
cepat ditelan, jangan  diemut", tapi tetap saja susah sekali  makannya
kadang kalo mulutnya sudah terkunci rapat sambil geleng kepala sudah jadi
kartu as, apalagi ditambah sambil ngerengek, wah sudah perjuangan pasti
sia-sia.

Namun berdasarkan kesabaran dan ketelatenan sekarang saya sudah menemukan
formula ampuh mengatasi anak yg susah makan.

Cara berdasarkan pengalaman pribadi saja lho, bukan dari literature:

1. Setiap kali makan selalu diupayakan diberikan kesibukan, jangan pernah
anak dlm posisi menganggur diberi makan, akan susah krn konsentrasi anak
hanya tertuju pada makanan melulu. Biasanya anak saya naikin ke sepeda roda
tiganya lalu saya dorong seputar halaman rumah (kalo tingkat makannya agak
mendingan), tapi kalo susah sekali apalagi sambil rewel saya ajak keluar
rumah sambil cerita sesuatu yg ada disekitar lingkungan kita (anak tetangga,
binatang piaraan tetangga, burung, pohon, buah, mobil, sepeda, kucing,
anjing, apa saja sambil memperkenalkan perbendaharaan kata ke anak).
Otomatis perhatian dia tidak akan tertuju pada makanan yg akan kita suapin
tapi akan focus ke hal-2 disekitarnya yg mungkin sesekali akan mencuri
perhatian dia, nah pada saat itulah (in the right time)  saya  tidak akan
sia-siakan, alias langsung saya suapin sendok ke mulutnya sambil cerita
(biasanya anak nggak mau diganggu perhatiannya) dan tanpa dia sadari
akhirnya dia mau membuka mulut untuk menerima suapan berikutnya.

2. bagaimana jika ternyata diemut lagi...?
Saya ada trik sedikit yg mungkin bisa membantu krn selama ini hal tersebut
saya terapkan selalu berhasil utk mengatasi anak makan yg diemut.
Caranya selain saya ajak aktifitas bermain  (diberi kesibukan, entah bermain
mainan, atau bersepeda, atau mobil-2an, dll) saya selalu bawakan air minum
(sesuai kebiasaan dia minum pakai wadah apa, bisa gelas atau gelas plastik
yg ada tutup model berlubang, dll).
Nah jika dia sdh mencapai waktu bukan lagi mengunyah makanan tapi mulai
diemut, saya tawarin minum, tapi sambil bilang "ayo... makannya ditelan dulu
baru boleh minum",  sambil gelas minumnya saya sodorin di depan mulutnya.
Otomatis si anak akan tertarik utk minum tapi dia harus menelan makanan yg
diemut tsb. Awalnya anak saya banyak akal, dia muntahin makanan yg ada
dimulutnya agar dia bisa leluasa minum, namun saya juga nggak mau kalah
akal, gantian saya tarik gelasnya sambil bilang kalo makanannya dibuang lagi
maka nggak akan saya kasih minum lagi,
Hanya saja saat memberikan air minumnya sengaja nggak saya biarin dia minum
sesukanya tapi saya batasin cuman sedikit saja habis itu saya bilang kalo
mau minum lagi harus makan dulu sambil saya suapin  lagi, demikian
seterusnya. Jadi intinya pemberian minum ini hanya sebagai pemancing atau
mengalihkan perhatian anak agar tanpa dia sadari dia mau melakukan aktifitas
menelan jadi bukan utk membuat si anak justru kembung kebanyakan minumnya
dari pada makannya, nah selanjutnya dia nggak akan buang lagi tuh makanan yg
diemut tetapi langsung ditelan, dan tanpa terasa semua makanan abis disantap
semuanya.

Mulai sekarang saya jarang lagi menemukan anak saya susah makan, krn saya
selalu menggunakan trik-2 dalam menyiasatinya.
Mudah-2an sharing pengalaman pribadi ini bisa menjadi inspiratif buat
ayah-bunda yang lain tapi nggak harus seperti cara saya tersebut krn bisa
saja ayah-bunda punya observasi yg berbeda sehingga menemukan formula lain
yg lebih sesuai dengan sikon masing-2 tentunya.
Tentu saja masih banyak metode atau cara lainnya, misalkan membuat
pergantian menu makan atau yg lainnya yang menarik minat/selera makannya
dll, ya disesuaikan dengan sikon juga tentunya.

Semoga  berhasil dan sukses,

Dari papanya aldo'