ikut prihatin buat mbak ade..
moga2 semua permasalahan yg ada bisa terselesaikan dengan baik ya..

saya jadi inget email dibawah yg saya dapat lebih dari setahun lalu...buat yg sudah
pernah dapat, maaf ya. tapi mungkin bisa jadi share berguna buat yg belum pernah
dapat..
buat saya pribadi, kejadian2 seperti ini betul2 jadi peringatan yg baik buat selalu
berjaga2 sama pengasuh/asisten kita. bukan bermaksud 'selalu gak percaya' sama orang
lain, tapi tidak ada salahnya untuk selalu cross check [baik ke pihak pembantu lain,
juga anak kita], karena kadang begitu kita lepas rasa percaya kita terhadap mereka dan
menganggap mereka 'baik2 saja', ada kalanya kita malah jadi lengah ya..
cuma sedikit pemikiran saya...

mama neal

**************
true story:
Minggu, 26 Jan 2003

Gue baru found out bhw selama hampir 1 1/2 bulan ini, sejak ada suster baru  utk
Jessica Emily malah membuat Jessy jadi makin stress berat.

Akhir2 ini Jessy rewel sekali, cengeng dan maunya nempel sama gua terus. Gak  mau
minum susu, kalo ke sekolah HARUS gue anter, dan kalo ditinggal, dia nangis
sejadi2nya. Begitu juga kalo siang2 gue telpon dari kantor ke rumah,  dia bisa nangis
terus, dan bilang gini sambil nangis :

"Ma, mama pulang yaaaaa .. Jessy takut ..." terus2an dia bilang begitu,sampe gak bisa
putusin pembicaraan telpon, wkt itu gue cuma bilang :"Jessy gak usah takut ya, kan ada
Tuhan yg jagain Jessy", dan sama sekali gak terbersit di pikiran bhw dia dianiaya di
rumah.

Gue mikir kenapa juga Jessy jadi seperti itu padahal dulu2nya gak pernah. Akhirnya,
wkt Minggu kemarin, gue ajak Jessy jalan2 (w/o baby sitter  nya), dan gua tanya kenapa
dia takut dan selalu bilang gak mau sama Sus Yayuk.

Dia gak bilang dia dipukul, tapi pas gue tanya, apa dia pernah dipukul, dia baru
angguk-angguk. Satu2 persatu anggota badan gue tanya, bagian mana yg dipukul, dia
jawabnya dada nya. Dari pengakuan Jessy juga, bhw mulut Jessy dicocolin sambel dan
dengan jari telunjuk si suster, mulut Jessy dicolok2 sampe ke dalam. (Jessy tunjukin
itu semua dengan gaya). Gue lalu cross check dengan susternya Jason (gue ambil dari
yayasan yang berbeda), barulah si Sus Wati ini cerita kejadian yg sesungguhnya.

Jadi gini, kalau lagi makan, Jessy lama telannya, lalu muntah di piring, itu muntahan
plus nasi sepiring semuanya di tumplekin ke muka Jessy. Lalu Jessy ngompol di kursi
makan, si suster edan ini kemudian selepet muka Jessy pake KAIN PEL!

Gue pulang dari kantor, liat Jessy ada memar di atas bibirnya dan di pipi sebelah
kiri, dan kupingnya ada bintik2 merah 3, lalu di kuping bagian atasnya itu yg nempel
ke kepala, kayak mau robek gitu, lecet yg agak dalam.(belakangan kata si Wati, bhw
setelah pukul Jessy itu dia bilang ke Wati gini : "Nanti kalo ditanya Ibu bilang aja
abis dicakar Jason". Si Wati nya gak mau, krn dia kan yang jaga Jason).

Si suster Yayuk sendiri pas gue interogasi selama 1 1/2 jam tidak mau ngaku, bahkan
nantangin gue begini : "Saya engga pernah pukul Jessy, kalau saya bentak pernah. Ibu
kalau gak percaya boleh tanya Suster Wati" (dia gak tau kalo gue udah cek sama si Wati
dan udah diceritain sama si Wati semuanya). Gue panggil si Wati, dan pas ditanya di
dpn si Yayuk, si Wati jawab "YA" (pertanyaan nya : Wati, pernah gak kamu liat Yayuk
pukul Jessy).

Yg paling parah adalah, setelah akhirnya ngaku, si Yayuk ini gak mau disuruh beresin
barang2nya utk pergi, dia nangis sejadi-jadinya, minta maaf beribu2 kali sama gua,
cium tangan gua, minta dikasih kesempatan ke dua, mau bertobat, mau berubah dan segala
macam upaya dia demi supaya gue gak keluarin dia.

Gue cuma bilang begini : Saya sudah maafin kamu, tapi saya gak bisa kasih kesempatan
kedua itu ke kamu. Kalau kamu mau bertobat dan berubah menjadi baby sitter yg baik dan
sabar, silakan coba di tempat lain dan bukan di rumah saya. Dia masih terus begging2,
sambil bilang, Ibu pukul saya aja, saya masih mau kerja di sini, saya gak usah digaji,
saya sayang sama Jessy, dan segala bullshit lainnya dah, which I don't buy it anymore.
Gue bilang gini ke dia, "Yayuk, saya tidak akan pukul kamu. Kamu bolongin baju saya
dengan setrika wkt itu juga saya gak pukul kamu kan? Saya juga gak potong gaji kamu.
Asal kamu ingat itu."

Akhirnya dia pergi (setelah kami suruh dia tanya ke Jessy, apa Jessy masih mau dengan
Sus Yayuk, yg dijawab Jessy dengan gelengan kepala, tapi Jessy menganggukan kepala wkt
saya bilang ke Jessy, "Jessy maafin Sus Yayuk ya"), setelah semua barangnya gue
bongkar, sampe ke dompet nya.

Terus terang selama gue periksa barang orang yg mau berhenti, gak pernah gue periksa
dompet nya, tapi ini krn udah terbukti dia tukang bohong, dan beberapa hari yll kita
sempet lupa kunci kamar dan ninggalin kunci tergantung di pintu kamar, gue jadi
terpaksa bongkar semua sampe ke dalam2 dompetnya semua. Untunglah gak ada barang gue
yg diambil.

Tapi ada satu surat pembelian giwang emas, yg dia beli tgl 15 Jan 2003 (Rabu), di
pasar Sunter (which is jauh dari rumah gue dan harus nyebrang jalan berkali2), dan dia
pergi ke sana dengan pembantu tetangga, pada wkt Jessy sekolah. (Artinya dia keluyuran
dan bukan stay di rumah).

Gue dan Apang belajar banyak dari kejadian ini, dalam arti, betapa kami sebagai orang
tua yg bekerja, dituntut utk lebih peka terhadap kebutuhan anak, terutama kebutuhan
psikis nya, dan wkt itu apang juga minta maaf sama Jessy krn selama ini kalau Jessy
nangis dan gak mau sama suster Yayuk, dikira apang dia cuma manja aja, dan Jessy
dimarahi dan diserahkan ke Yayuk.

Kami kembali berpikir, betapa tugas menjadi orang tua itu berat, betapa kami harus
mendidik dan menjaga anak2 yang Tuhan sudah percayakan untuk hadir dalam rumah tangga
kami untuk kami pelihara dengan bertanggung jawab. Gue dan apang mempunyai perasaan
bersalah sekali karena kurang sensitif terhadap 'teriakan-teriakan' Jessy, dan terlalu
percaya dengan suster yg baru ini (krn sebelum2nya selalu memperkerjakan suster2 yg
dapat dipercaya).

Sekadar informasi saja :
Nama : YAYUK EKA SETIAWATI
Tgl lahir : 5 Juli 1982
Asal : Lampung
Diambil dari YAYASAN ELITA FIRLITA (di Kramat, belakang RS St. Carolus) Telp. 315-6972
(Ibu Asih/Ibu Umi)

Mengaku punya pengalaman kerja selama 1 1/2 tahun di Kelapa Gading, Jl.Janur Elok III
Blok QE 3 No. 7 (telpon 452-5712).

Penampilan : Gemuk gempal, tinggi kira2 150cm, rambut agak shaggy, matanya belok
sekali, di bola mata sebelah kiri ada bercak coklat kecil, kulit kuning kecoklatan,
mempunyai senyum yang menawan dan manis.

Tutur kata sangat sopan, dan kelihatan sangat patuh di depan majikan, serta tidak
pernah membantah. Bagi teman2 yg kiranya perlu mencari baby sitter, agar lebih
selektif dan berhati-hati.

Tolong doakan juga bagi pemulihan jiwa Jessy atas peristiwa ini, supaya kami orang
tuanya, boleh Tuhan pakai utk menghibur Jessy dan membantu dia utk melupakan
pengalaman pahit ini.

ERNIE M. SURYA, S.Pd., M.M.
Mobile : 0816-892073
Office : 633-5808 ext.36