        From:   Lilis Suryawati [SMTP:[EMAIL PROTECTED]
        Sent:   Tuesday, March 02, 2004 9:06 AM
        To:     [EMAIL PROTECTED]
        Subject:        RE: [balita-anda] anak belum bisa bicara

        Pak Jonny,

        Biasanya yang mengalami keterlambatan bicara adalah anak laki2,
sangat
        jarang sekali dijumpai anak perempuan. Tetapi kalau mendengar dari
cerita
        Pak Jonny bahwa dia sudah bisa ngomong ayam, ikan, aku kayaknya
sudah cukup
        lumayan tuh pengucapan lafal katanya...Ada baiknya anak Pak Jonny
        bersosialisasi untuk merangsang dia berkomunikasi dengan teman
sebaya misal
        dimasukkan ke pre school, ikut dalam kegiatan keagamaan khususnya
untuk
        anak-anak. Biasanya diamnya seorang anak itu bisa juga diakibatkan
oleh
        pengasuhnya yang lebih banyak diam pada saat menjaganya, sebaiknya
pada
        saat di rumah kitalah sebagai orang tua yang harus aktif mengajaknya
bicara,
        bernyanyi dll yang sifatnya komunikatif agar anak lebih cepat
bicara. Tetapi
        kemampuan bicaranya kayaknya wajar, jadi nggak perlu diterapi Pak.

        Rgrds,
        Lilis