Dear Mamanya Angel,

  Kwan Ling (2 thn 3 bln) minumnya 'Gain'. Makannya termasuk susah karena
agak
terlambat pemberian makanan padatnya. Soalnya KL lahir prematur 33 minggu
dgn masalah pencernaan (lambungnya masih berdarah). Jadi, saya agak ekstra
hati-hati ngasih makanannya. Lahir dg berat 1,7 kg. 4 minggu di inkubator,
plg ke rumah 1,84 kg. Sekarang sudah 12 kg, makan masih harus ditim nasinya.
Belum bisa makan nasi biasa, kecuali didorong pake kuah. Kalo dia lagi mogok
makan, biasanya diganti sama Pediasure yg likuid (kalengan). Minum susunya
juga lama banget, bisa 1 jam baru habis.

  Kevin (8 bulan) minumnya 'ASI hampir eksklusif' sampai 6 bulan (ada campur
susu S-26 1 kaleng kecil waktu awal ASI belum lancar). Susu formula
'Similac' sudah diperkenalkan dgn dicampur ke biskuit atau bubur susunya pas
masuk 6 bulan. Aku sih termasuk emak yg bodoh karena sudah anak 2 belum bisa
ngasih ASI langsung. Udah patah arang kalo anaknya nangis. Tapi, yg namanya
mompa ASI aku lakonin terus sampai sekarang. 1 hari rata-rata dapet 1 lt.
Begitu Kevin belajar makan yg laen, Kwan Ling dapat ASI lagi sebotol sehari.
Aku pake pompa Medela yg Mini Electric Plus (utk 2 payudara sekaligus). Di
kantor mompa 2 kali (11.00-11.30 dan 16.30-17.00). Sebelum tidur malam
mompa. Bangun tidur mompa juga. Demi anak ;))
  Kevin giginya sudah 2 sekarang.

  Kalo menurut pendapat aku, Angel tidak suka Nutrilon-1 ataupun S-26 Gold
karena ada pilihan ASI. Yg namanya anak kalo masih dikasih ASI, pasti pilih
ASI daripada susu kaleng. Soalnya lebih enak. Mungkin baiknya Bu Lucky lebih
memaksimalkan pompa ASI biar kuantitasnya lebih banyak. Saya termasuk
carnivora (tidak makan sayur sedikit pun). Tapi, saya usahakan makan buah
setiap hari, minum susu Lactamil menyusui, minum air putih sebanyak mungkin
dan rajin mompa. Hasilnya yah 1 liter ASI setiap hari dan anak-anak yg
sehat. Terima kasih Tuhan atas kekasih-kekasihku.

  Coba deh Bu perbanyak ASI-nya dan salam peluk cium dari Kakak Kwan Ling
dan Kevin untuk Dede Angel.

  Salam,
  Moi Tjin