From: Luluk Lely S. I. Dh. [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, March 10, 2004 9:13 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: Re: [balita-anda] TIPS-HOW TO menurunkan berat badan selama
masih menyusui

Moms & dads,

Aku mau sharing juga ah soal penurunan BB.
BB-ku naik 20 kg wkt hamilnya Alyssa.
Saat alyssa lahir memang ingin banget cepat nurunin BB,
tapi karena aku menyusui eksklusif jadi agak bingung.
Dari beberapa metode penurunan BB, aku jadi khawatir dg produksi ASI.
Mulai dari akupunktur sampai dg food combining.
Setelah konsultasi dg ahli gizi, DSA & ahli laktasi, aku dapat informasi
berharga.
Tahu gak moms & dads kalau dg menyusui eksklusif merupakan salah satu cara
alami & aman untuk menurunkan BB.
Jadilah aku tidak mengambil diet atau metode penurunan BB apapun kecuali
dengan exclusive breastfeeding. Memang konsumsi lemak harus dikurangi.
Jadi cukup karbohidrat, kaya protein, serat & cairan.
Hasilnya selama 6 bulan menyusui turun 8 kg.

Setelah itu aku coba metode Food Combining-nya Andang Gunawan.
Tapi sebelumnya konsul dulu dg ahli gizi.
Aku gak mau juga kalo produksi ASIku berkurang.
Dan ternyata metode FC ini aman selama nilai gizinya tepat untuk ibu
menyusui.
Sekarang di usia Alyssa 19 bulan, BB-ku tinggal 5 kg lagi sebelum hamil.
Intinya, metode penurunan BB apapun is OK selama tidak menganggu metabolisme
tubuh
kita. Terutama untuk ibu menyusui, konsep utama penurunan BB adalah
BB turun secara PERLAHAN, (bukan drastis).
BB turun drastis pada ibu  menyusui berarti produksi & kualitas ASI
akan berubah. Bahkan di sebagian bayi, ASI ibu yg diet BB drastis akan
menyebabkan
diare akut pada bayi.

Jadi gak papa kan para dads kalo istrinya sedikit lebih berisi saat
menyusui. Kan demi anak.
Oya satu lagi, jangan lupa olahraga. BB turun, badan juga sehatkan.
Maaf kalau kurang berkenan.

Mamanya Alyssa

"You can save the world by giving the best nutrition for your baby : ASI !"
Join the Breastfeeding Support Group (mom-to-mom).
(launching soon .....tunggu kabar berikutnya)