dear all,

tadi saya baru korek-korek informasi dari babysitter nya salva ,karena selama ini kalo salva sekolah dia suka nemenin.
ternyata gurunya salva (namanya kak novi) cuma awal-awal aja keliatan baik dan ramah, biar salva mondar-mandir lari sana-sini dia telaten ngikutin dan sabar ngajarinnya.

tapi belakangan ini,
kak novi nya mulai ga sabaran.saya ga tau ini emang keluar sifat aslinya ato mungkin kak novinya lagi ada masalah pribadi makanya kebawa pada waktu ngajar.

sekarang kalo salva mulai lari sana-sini sama kak novi dia ditarik terus dipaksa suruh duduk buat belajar.wah...kalo caranya kayak gitu ga heran kalo salva sekarang suka jerit-jerit histeris ga mau blajar.

saya sekarang jadi pengen tau,
ebenernya art & craft (menempel,menggunting & mewarnai) idealnya di ajarkan pada anak usia brapa ya?
soalnya kalo di gymboree kalo ga salah art & craft mulai diajarin umur 2 tahunan (cmiiw)
music class aja baru boleh kalo anaknya udh umur 16 bulan

jadi mungkin emang ada teori atau standarisasinya ya mengenai program belajar untuk anak-anak balita?
karena pada prinsipnya kita ga boleh kan memaksakan anak kita untuk belajar  sesuatu yg emang belum waktunya
ada yg bisa jelasin masalah ini ga?

thx

wina