From: Dewi [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: 17 Maret 2004 15:31
To: salvaditya
Subject: Re: [balita-anda] Mohon Sharing Langkahku

aduh mbak.. klo udah sampe jerit2 gitu mending di stop dulu. kasian klo
dipaksain ntar malah tambah stress. mungkin Salva boring karna ga ada
temen dan bisa juga gurunya ga menyenangkan.

Klo Angina sih dari umur 1 tahun aku ikutin sekolah minggu. sampe
sekarang (mo 2 th) seneng2 aja. emang sih awalnya takut2 dan suka nangis
juga. tapi cuman 2, 3 kali pertemuan aja. besoknya udah enjoy. di sana
banyak temenya, 1 kelas bisa 25 an anak, so rame banget. saya ikutin dia
dikelas batita. kakaknya yg mengajar ada 3 orang, mereka bagi2 tugas.
ada yg mc, ada yg keliling2 jagain anak2 yg nakal/ nangis. dikelas cuman
nyanyi, mendengarkan cerita dan aktifitas. aktifitasnya kadang didalam
kelas kadang outdoor. klo didalem cuman mewarnai, menempel bentuk, ga
gunting2 sendiri, bentuk/gambarnya itu kakaknya yg gunting2, angina
tinggal ngelem doang atau melipat2. klo yg outdoor.. bermain mindahin
benda dari ujung ke ujung, mencari benda (gambar ikan, kodok) yg
disembunyiin dihalaman, dll.

manfaatnya banyak banget, sekarang angina banyak temen.. malah di kelas
udah pede banget. suka jailin temenya. yg mengembirakan sekarang angina
udah mo maju sendiri kedepan klo disuruh nyanyi, even nyanyinya
ditemenin & dibantuin ama kakaknya. trus mewarnainya udah mulai
ngejalur, pas gambarnya aja yg diwarnai walaupun ga bagus, klo dulu
ampun deh 1 halaman kertasnya dicoret2. udah bisa bikin lingkaran dan
angka 1 :)

menurut saya mendingan masupin Salva ke playgroup aja daripada belajar
sendirian dirumah. mungkin klo banyak temen dia bakal seneng.

Regards,
Angina's Mom

Wednesday, March 17, 2004, 2:27:56 PM, you wrote:

s> dear all,

s> saya mau sharing pengalaman anak saya salvaditya (1,4 thn) ikutan
s> sekolah Langkahku .

s> udh 1,5 bln ini salva ikutan Langkahku,awalnya karena adik ipar saya
s> termasuk salah satu yg punya sekolah ini,jadi anak saya disuruh untuk

s> join.

s> karena saya pikir sekolahnya dirumah,jadi saya lebih enak
s> mengawasinya.

s> 3x pertemuan salva masih keliatan enjoy n senang sekali kalo liat
s> gurunya datang.salva selalu nungguin di depan pintu rumah dan udh
s> manggil-manggil gurunya supaya cepet masuk ke dalam rumah.

s> walopun untuk acara blajarnya salava sama sekali ga tertarik,abis
s> anak umur segitu diajarin menempel,dan mewarna.yg ada..setiap
s> pertemuan anak saya sibuk sendiri mainan,gurunya juga sibuk sendiri
s> menempel dan mewarna heeehe. .

s> awalnya saya anggap tu masih dlm masa proses adaptasi,typ mulai
s> pertemua ke 4 dan sampe skrg salav malah makin ga suka.

s> pd pertemuan ke 5 salav malah jerit2 histeris ga mau belajar,waktu
s> liat saya dia langsung meluk saya.sampe mesti dibujuk2 supaya mau
s> blajar lagi.mulai saat itu saya mulai was-was...jgn2 saya udh salah
masukkin salva ke
s> langkahku.mana bayarnya lumayan mahal juga,350rb/bln untuk 1x
seminggu

s> sejak kejadian salva histeris,saya mulai mikir2 untuk mencutikan
s> salva dari langkahku.apalagi hari ini (pertemuan ke 6) saya bacadi
s> buku penghubungny kalo salva diajarin menggunting tp salava ga mau
s> malah guntingnya dimainin da diayun-ayun.

s> ya ampun,saya malah tmbh senewen lagi.kan gunting bahaya bgt untuk
s> umur segitu,lha...di rumah aja semua gunting saya jauhkan dari
s> jangkauan salva. ini malah dijarain menggunting yg menurut saya itu
s> belum sesuai dengan umurnya.

s> jadi gimana ya bpk-bpk dan ibu-ibu.salva terus sekolah ato stop saja
s> dari langkahku? atau mungkin saya terlalu senewen ya...jadi mungkin
s> penilaian saya thd program langkahku jd ga obyektif.tp sebelomnya dr
s> wati juga pernah crita ke saya kalo ada pasiennya yg ikutan
s> langkahku, kalo gurunya dateng malah stress.

s> saya minta bantuan pendapatnya ya.

s> btw..saya pernah baca di milis ini kalo ga salah reva nya mbak ade
s> novita juga ikutan lagkahku ya?gimana tuh mbak?sorry bgt kalo
s> kpanjangan..

s> thx,

s> Wina Natalia Tama

---