Mungkin terkesan kejam...tapi Insya Allah efektif utk melatih balita bangun utk pee & tidak ngompol :

Dimulai pd wkt Ais usia 2,5 thn--situasi: Ais sudah terlalu besar utk tetap pakai Huggies/Pampers (nggak ada yg muat lagi ;P). Saya pasang alarm hp utk bangunin Ais & minta dia pee tiap jam 02.00am & 05.00am. Sempet gak tega juga siy liat Ais masih dalm keadaan merem "dipaksa" bangun & pee. Tapi niat saya kekeuh: Ais harus bisa "bladder control" buat kebaikan dia juga.Alhamdulillah papa-nya Ais amat cooperative dan juga rela bergantian bangunin Ais & ngajak pee. Banyak teman & anggota keluarga lain yg menentang saya wkt itu krn berpendapat tidak seharusnya jam tidur malam anak diganggu2 spt itu, tapi saya tetep jalanin aja (meski mata rasanya beraaatt beneerr). Kami juga bikin ritual tetap sebelum jam bobok Ais, yaitu: minum susu (skrg dibatasi pagi saja-takut very overweight), pee, cuci kaki-tangan & sikat gigi. Alhamdulillah sampai sekarang semua berjalan sesuai program: Ais tidak pernah ngompol (espc. malam hari), kalo pun dia kebelet pee malam2 dia akan ke kmr kami & minta ditemenin ke toilet. Ritual yg kami jalankan berdampak positif pada kedisiplinan (meski kadang2 harus ngomel2 dulu) dan kualitas gigi Ais yg Alhamdulillah (meski suka coklat, es krim, etc yg bisa membahayakan gigi) sehat-lengkap-putih-bersih.

Mungkin moms & dads ada yg mau mencoba?
Simply sharing,
Mama nya Ais.

Kirim bunga, buket balon atau cake, klik,http://www.indokado.com/