        From:   Tita_ppimk [SMTP:[EMAIL PROTECTED]
        Sent:   Thursday, March 25, 2004 8:39 AM
        To:     [EMAIL PROTECTED]
        Subject:        Re: [balita-anda] Bahasa daerah untuk anak ( gimana)

        Bahasa dan budaya itu saling terkait satu dengan yang lain. SEhingga
kalau hanya untuk komunikasi saja, tidak perlu tahu mengenai tata bahasa
suatu bahasa, ya cara yang paling efektif adalah dibiasakan berkomunikasi
dengan bahasa tersebut. Kalau di rumah, bahasa dan budaya yang dipakai
sebagian besar adalah budaya dan bahasa jawa, nggak usah di-les kan, pasti
anggota keluarga lain juga mengikuti. Tapi kalau enggak, meskipun di-leskan
juga akan jarang dipakai. Sama dengan bahasa kwok i juga (maaf, apa betul
gitu ya ejaannya? ada ribuan les bahasa kwok i alias mandarin, tapi kalau di
rumah meski keluarga tersebut keluarga tionghoa tapi pake bahasa indonesia
betawi,... ya sudahlah... percuma les tadi.
        Saya punya pakde di jakarta. Anak-anaknya mulai lahir di jakarta,
tapi bahasa jawanya lancar semua. Tentunya bahasa yang dipakai sehari-hari.
Misalnya dia bisa bedakan penggunaan kata mangan dan dhahar, adus dan siram.
Ya some kind like that lah...