pertama-tama.....rasa syukur kita kepada Allah yang telah sudi menitipkan amanahnya ke
kita.....
selanjutnya tanamkan dalam diri ibu bahwa melahirkan adalah salah satu bentuk jihad
yang Allah hadiahkan buat kaum ibu......pasrah, dalam artian kita menerima kesempatan
jihad ini dengan lapang dada dan berusaha sekuat tenaga untuk melahirkan anak ke dunia
apapun resikonya nanti......toh kalau kita ikhlas, seandainya kita meninggal kita akan
mati syahid, tapi kalau Allah masih berkenan kita hidup,perjuangan kita untuk
mengeluarkan bayi mendapatkan nilai tersendiri yang kaum bapak tidak bisa
mendapatkannya.........
itu persiapan mentalnya..........

persiapan diri kita.........
jika kita sudah saatnya melahirkan tapi belum terasa mulas, resep ibu saya yg sudah
saya buktikan, uyel2 pusar ibu terus menerus kalo bisa (waktu saya jam 3 sore saya
mulai sapai jam 9 malam, lalu jam 11 malamnya keluar flek dan mulai mules...) jadi gak
perlu diinduksi......
setelah mengalami kontraksi, sakit2/nyeri2..resep ibu saya lagi..dan dibuktikan oleh
saya dan teman saya...nikmati rasa sakit itu......jika kita konsentrasi dengan rasa
sakit itu, dan ingin tahu rasa sakit itu sekaligus kita nikmati....(karena rasa sakit
itu gak akan kita alami lagi....tiap2 melahirkan sakitnya beda2 .itu mnrt ibu
saya)maka kita akan merasakan nikmat bukannya sakit dan mempercepat jalannya kelahiran
bayi...
perbanyak jalan kalau bisa.....akan mempercepat pembukaan jalan lahir
mulailah melatih diri dengan pernafasan .....biasanya di tempat senam hamil
diajarkan.........
pernafasan juga membantu mengurangi rasa sakit yg dialami ibu......

jangan lakukan.....
penahanan rasa sakit misalnya dengan mencakar2 tangan suami, memegang pinggiran tempat
tidur(saya suudah alami juga), hal itu akan mengerutkan jalan lahir yang sedang
mengembang/memperlebar agar bayi bisa keluar.....dan ini akan membuat proses
melahirkan semakin lama dan melelahkan ibu....
memejamkan mata pada saat mengejan, karena dapat mengakibatkan kebutaan pada
mata,mengangkat panggul ke atas pada saat mengejan..akanmemperparah luka robekan
sampai ke anus.....

demikian semoga bermanfaat....

salam
enny