From: I Made Suma Satryaadi [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, June 22, 2004 1:01 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [balita-anda] Konsumsi obat "Pien Zhe Hwang"

Dari milis sebelah, semoga berguna....

Salam,
-Md-

Dear All,

Sedikit info untuk ibu2 / bapak2 yang mau/ baru memiliki anak.
Ada sedikit info soal  mengkonsumsi obat Cina " Pien Zhe Hwang ",
sehabis melahirkan. Obat ini sudah tidak asing lagi bagi orang Tionghoa,
khasiat obat  ini dapat mengurangi rasa sakit dan infeksi , terutama
bagi ibu2 yang habis menjalani persalinan / operasi , mempercepat proses
pengeringan luka operasi, namun untuk hal persalinan, berdasarkan
pengalaman keluarga yang kami alami, obat ini dapat meningkatkan
Bilirubin pada anak melalui pemberian ASI.

Bilirubin normal bernilai 1 , jika bilirubin diatas nilai 12 , biasanya
disarankan untuk diberi sinar Ultra Violet buatan di dalam ruangan
bersalin, Bilirubin  yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan otak, jika
mencapai angka 40, harus menjalani proses Cuci darah. Jika tetap ingin
mengkonsumsi obat ini, sebaiknya tidak memberi ASI kepada anak selama
2X24 jam sejak terakhir minum Pien Zhe Hwang.

Memang masih ada pro- kontra dalam kesmpulan diatas, namun dari
informasi yang saya dapatkan dari 2 orang dokter spesialis anak (
Dr.Naomi Sp.A-RS Siloam  dan Dr.Yoyok Sp.A - RS Dewi Sri ), sebaiknya
hati2 dalam  mengkonsumsi obat ini, terutama dalam proses pemberian ASI.
Anak kami terdeteksi Bilirubin tinggi setelah istri saya mengkonsumsi
Pien Zhe Hwang, dari hasil check laboratorium mencapai Bilirubin = 15,6,
terpaksa harus diberi bantuan UV di Rumah sakit sampai Bilirubinnya
turun. Mudah2an info ini berguna bagi bapak/ibu yang baru atau akan
memiliki momongan baru.

Terima kasih.