From: SEKR RM JATIM (SULISTYAWATI) [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, June 23, 2004 11:49 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] Talasemia

talasemia itu penyakit kelainan genetik dan bisa diturunkan
tapi tidak menular

pada penderita talasemia, ada kelainan pada sel darah merahnya, cmiiw
kalo gak salah gak bisa bertahan lama, sehingga perlu ditranfusi
sedangkan pada talasemia minor, dia hanya sbg pembawa sifat saja, kalo nanti

menikah dan ingin punya anak, harus dicek apakah suaminya penderita
talasemia
juga, kalo tidak/normal berarti anaknya bisa normal atao minimal penderita
talasemia minor (50-50)
kalo ternyata suami juga pembawa sifat (minor) maka kemungkinan anaknya
menjadi penderita talasemia sangat besar.

ciri fisik penderita talasemia minor normal,  hanya biasanya hbnya selalu
rendah, tapi gak semua yang hbnya rendah itu talasemia
tapi kalo penderita talasemia mayor,  fisiknya mungkin agak lemah ya dan
harus
tranfusi berkala seumur hidupnya

thanks
Sulis