Mbak Arzni,

aku mau coba bantu jawab. Anak saya pernah dijadwalkan untuk imunisasi
influenza oleh DSA yang lama pada saat dia berumur 6 bulan (Vaxigrif).
Imunisasi ini sifatnya tambahan jadi terserah ortunya aja. Hasil sharing
dengan other parents di milis sebelah dan DSA anak saya yang sekarang, saya
memutuskan untuk tidak memberikan anak saya vaksin influensa dengan alasan:

1. Vaxigrif ini vaksin influensa yang dibuat di Amerika untuk menangkal
virus flu yang menyebar di Amerika dan Eropa Barat, sedangkan kita tinggal
di Asia (Indonesia). Belum tentu Vaxigrif mempan melawan virus flu yang
beredar di Indonesia. FYI, virus flu yang beredar di dunia ini ada sekitar
200 jenis virus dan itu pun belum semua terdeteksi.

2. Menurut saya dan juga DSA yang baru, anak saya mempunyai sistem kekebalan
tubuh yang cukup baik kalaupun kena flu yang disebabkan oleh virus dengan
sendirinya sistem kekebalan anak saya akan mampu mengatasinya sendiri. DSA
yang baru menyampaikan pendapat bahwa beliau hanya akan memberikan Vaxigrif
kepada anak-anak yang sistem kekebalan tubuhnya lemah dan mau bepergian ke
Amerika dan Eropa Barat during winter. Karena memang flu bisa menyerang
hebat dan ganas saat winter, lha kalo buat kita yang tinggal di Indo? kan
nggak match ya soalnya negara kita kan negara tropis.

Mengenai vitamin A, supplemen memang baik tapi jauh lebih baik lagi dari
sumbernya yang fresh. Kecuali sang anak memang ada kelainan dan membutuhkan
vitamin A dosis tinggi seperti keponakan saya yang memang menderita kelainan
sejak lahir yang berhubungan dengan pengelihatan (disebabkan ibunya
terinfeksi virus Rubella) sehingga untuk memulihkan pengelihatannya sejak
umur 1 tahun keponakan saya diterapi vitamin A. Untuk anak dalam kondisi
sehat, pemberian supplemen vitamin A sepertinya tidak terlalu diperlukan
sejauh makan sehari-hari yang dikonsumsi sudah mencukupi kebutuhan 4 sehat 5
sempurna.

Cheers,
Dewi