Mbak Lusy,

kena flu saat hamil memang paling nggak enak. Saya sarankan mbak banyak
istirahat dan makan serta minum yang bergizi. Kalau mbak ada sakit maag dan
lambung nggak kuat dengan CDR, mbak bisa gantikan asupan vitamin C-nya dengan
banyak makan buah dan sayuran.

Waktu saya hamil anak pertama saya sering juga kena batuk pilek, dan karena
batuk pilek ini penyebabnya virus jadi nggak ada obatnya mbak, apalagi
antibiotik. Kemaren udah ada postingan mengenai penanganan batuk pilek di milis
ya mbak, memang untuk balita tapi berlaku juga buat kita orang dewasa. Batuk
pilek disebabkan oleh virus dan akan membaik dengan sendirinya setalah 3 - 10
hari. Untuk meringankan sakit kepala dan badan pegal karena flu panadol biru
cukup aman untuk ibu hamil, hanya saja harap di ingat bahwa konsumsi obat-obatan
hanya kalau benar-benar perlu. Kalau emang udah super nggak tahan dan pengen
minum obat sebaiknya konsultasikan dengan dsog mbak Lusy. Cuman dulu saya pernah
ke dsog saya waktu sakit flu berat yang ada sampe sana pulangnya nggak dikasih
resep apa-apa :-) Resep dsog saya untuk menangani flu saat kehamilan kurang
lebih seperti yang saya sharing berikut ini;

- banyak istirahat, tidur usahakan 8 jam sehari terpenuhi
- banyak makan buah dan sayuran serta makanan berprotein tinggi
- banyak intake cairan seperti air putih, susu dan juice
- untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk sehari 2 kali saya minum air jeruk
nipis/lemon hangat + madu.
- plus karena sama ada asthma kalau asthma sampai kumat pake inhaler ventolin
dan biar lendir keluar lancar terapi uang panas di rumah.

Semoga membantu ya mbak dan selamat menjalani masa kehamilan 9 bulan yang penuh
dengan keajaiban :-)

Cheers,
Dewi