From: "Sylvia Radjawane" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Friday, July 23, 2004 5:07 PM
Subject: Re: [balita-anda] Tidur Pake Ac kalo Sakit Panas, Boleh ga?

> Hi mbak Ticke,
> wah, saya kurang tahu ada tidaknya pengaruh ruangan ber-AC dengan demam
anak. Dari 2x Jovan demam, kebetulan yang pertama saat malam hari (AC on)
dan yang kedua saat siang hari (AC off).  Bahkan saat AC-nya off, dia jadi
banyak keluar keringat yang membantu menurunkan suhunya, tapi...
konsekuensinya dia harus banyak minum untuk mengganti cairan.

> Kalau boleh share, yang selalu saya lakukan saat anak demam, berusaha
untuk jangan panik dan Observasi.  Cari tahu penyebab anak demam dan lakukan
treatment atas dasar penyebabnya itu (saya biasanya coba untuk mengingat apa
yang baru saja anak lakukan/makan/alami, dll.)

> Kalau memang penyebabnya virus (flu, batuk, radang tenggorokan, dll.),
siap-siap dengan termometer, obat penurun panas, lap (kompres) air hangat,
supply cairan (air putih, juice buah, susu, dll.), and kalau saya plus
catatan pribadi kondisi anak (yang diisi setiap kali habis melakukan
treatment/habis telepon ke rumah kalau kebetulan lagi di kantor)..so kalau
lihat diarynya Jovan, lengkap buangettt medis recordnya he..he.. dan ini
sangat-sangat membantu saya untuk tidak panik (karena punya panduan), jadi
'rasional' dan tahu apa yang mesti dilakukan.

> Tentang obat penurun panas, lebih aman cari yang kandungannya paracetamol
(banyak sekali merek yang tersedia dan dijual bebas). Hanya perlu diingat,
obat tsb. bukan membuat suhu tubuh jadi normal apalagi 'menyembuhkan'... ya
namanya penurun panas so fungsinya hanya mencegah supaya panas tubuh tidak
terlalu tinggi. Itu sebabnya kadang 'harus' diberikan lebih dari 1x. Coba
baca aturan pakainya, biasanya tidak boleh diberikan sering dan hanya
sekitar 2x24 jam. Overdosis-nya bahkan bisa mengganggu fungsi hati, lho.

> So, setiap kali setelah berikan obat penurun panas, observasi lagi dan
lakukan 'segala cara' untuk sistem imun-nya 'jalan'. Bujuk untuk banyak
makan (menu wajib di rumah saya kalau ada yang demam/flu yaitu chicken soup
dan juice) dan banyak minum buat mencegah dehidrasi.

> Anak biasanya 'tidak mau diam' walau panas tinggi, maunya ingin main.
Saya biasanya hanya awasi saja agar anak tidak terlalu aktif, main ke luar,
main air, dll. tapi saat ia tertidur, usahakan untuk 'betul-betul
istirahat'.
> Istirahat, banyak makan bergizi dan minum air... ternyata ampuh untuk
mengatasi demam atau flu/batuk anak juga saya sendiri.  Saya senang dengan
cuplikan kalimat  yang di-posting moms di milis ini juga...untuk mengatasi
demam/flu/batuk karena virus.. "the only remedies: time and fluid..."

> Kalau ingin berkonsultasi dengan dokter, coba tanyakan fungsi setiap obat
yang diresepkan ... Nggak usah ragu tanya, kita kan bayar waktu konsultasi
ke dokter he..he..

> hope that helps and semoga Reyhan lekas sembuh ya..
> Sylvia - Jovan's mum
>
> Ticke <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> BODY { MARGIN-TOP: 25px; FONT-SIZE: 10pt; MARGIN-LEFT: 15px; COLOR:
#006699; FONT-FAMILY: Arial, Helvetica}Dears moms and dads......
> BS tanya sama saya, boleh ga reihan tidur dgn Ac diidupin? soalnya
panasnya katanya tinggi +/- 38.27c.
> Nah saya juga bingung jawab pertanyaan si-BS.
> (mungkin udah sering kali yach) obat yg mujarab utk nurunin panas (+batuk
pilek) apa yach (yg mnrt resep maupun yg tradisional)?