Mbak Hilma,
Mungkin saat itu dia memang sudah merasa badannya tidak enak.
Nggak papah..tenang aja. Hal spt itu hendaknya jadi pelajaran kita sbg orangtua utk
bersabar sama anak krn pada dasarnya mereka tidak pernah bermaksud nakal, jahat,
dsbnya.
Setiap kita marahin anak, pasti akan menyesal, Mbak.

Tapi utk proses psikologi dia, hendaknya jgn diperlihatkan bahwa kita sgt menyesal krn
marahin dia sebab akan menjadi kunci bagi dia bhw setiap dia orang tuanya marahin dia,
dan dia akan menunjukkan muka sakit, wajah sedih, dsbnya maka kemarahan orangtuanya
akan hilang.
Oleh krn itu setiap mau marahin, lebih baik ambil napas....susun dulu kata2 yg akan
mau dikeluarkan dan marah spt apa yg akan ditunjukkan. Sebab, sebagai orang tua, kita
harus dpt menunjukkan bahwa apa yg kita lakukan memang sdh kita pikirkan dan itu utk
yg terbaik. Nanti dia bingung kalau kita plin-plan...abis marahin, terus bujukin,
dstnya....
Sebaiknya (bkn nasehatin lhoooo...), habis kita marahin dia, jelaskan kembali ke
mereka untuk alasan apa kita bisa sampai marah. Dan tetap ingatkan mereka bahwa kita
sayang banget sama mereka.

Contoh kasus:
Sepupu saya setiap dimarahin orangtuanya, pasti akan jatuh sakit. Dan akhirnya habis
dimarahin, pasti segala yg diinginkan akan diturut orang tuanya krn ortunya merasa
menyesal setiap habis marahin. Sampai akhirnya stl dewasa, hal itu membawa pengaruh
buruk bagi sepupu saya krn merasa selalu diatas angin (alias segala yg diinginkan akan
didapat) setiap abis dimarahin..

Frieza Diane Gabriel
PT Datascrip
Kawasan Niaga Selatan Blok B-15