Mbak Wanda, aku mau nambahin aza, aku juga dulu setelah melahirkan anak pertama, aku enggak KB yang KB suami sama kombinasi kalender, pas anakku umur 1 thn 1 bulan kebobolan hamil anak kedua.

Berbekal pengalaman itu aku bertekad harus KB nih, tapi apa ya, kalau di suntik aku takut ada efek samping, minum pil malas kalau harus minum obat tiap hari, akhirnya jatuh pilihan ke spiral kayaknya itu yang paling oke.
Tapi isu nya kan sakit banget tuh kalau pasang spiral jadi serem juga.

Karena takut hamil lagi dengan terpaksa setelah melahirkan dapat mens bulan berikutnya aku langsung ke dokter dengan tekad bulat harus pasang spiral, waktu itu sempat gemetaran juga sampai keluar keringat dingin (mana waktu itu perginya sendiri karena suami ada meeting yang tidak bisa di tinggal). Ternyata yang dibilang sakit banget itu bohong deh, tidak seserem yang aku bayangin, ya seperti periksa dalam aza. Kalau dibilang sakit cuma sedikit.
So mbak Wanda jangan takut, jalanin aza. Aku udah pasang 4 tahun, oke2 aza tuh. Paling aku kontrol (pap smear) setahun sekali.

Kirim email ke