mbak shinta,
sampai usia 1 tahun puti masih saya kasih susu semintanya. jadi saat bobo
malam pun
masih bisa minum susu 2-3 botol. lalu saya coba banyakin volume susunya
untuk tiap kali minum. tadinya puti saya kasih 180ml tiap minum (sehari
semalam bisa 5-6 botol), lalu saya naikkan jadi 240ml tiap minum. efeknya
bagi puti jarak minum susunya makin jauh (sehari semalam jadi 3-4 botol).
sejak usia kira-kira 1.5 tahun, minum susunya saya kurangi lagi volumenya
mula2 180ml, lalu jadi 120ml sekali minum. frekuensi minum susunya jadi
berkurang sendiri, mula2 4x, lalu jadi 3, dan akhirnya 2x aja. di atas 1
taun puti emang
beberapa bulan sempet tidak minta susu kalo malam, kalo dia lagi angot dan
minta susu saya
coba kasih air putih, atau kalo dia nolak air putih saya pura2 minta mbaknya
untuk buatkan susu, puti saya minta nunggu sambil bobo. kalo emang dia gak
lapar dia tidur lagi, tapi kalo emang bener2 lapar, begitu dia terbangun dia
nagih minta susu lagi. akhirnya sekarang puti tidak pernah minta susu kalo
lagi bobo malam. minum susunya 2 kali, sebelum tidur siang dan
sebelum bobo malam. sejak pakai gelas, voumenya saya naikkan jadi 150ml
sekali minum, pertimbangan saya ada beberapa ml susunya yang tumpah2 saat
dia minum pakai gelas.
tadinya saya ragu untuk mengatur jumlah asupan susu puti, tapi dsa nya
memang menyarankan untuk mengurangi susu buat puti (agak kelebihan bb,
sekarang 15.5kg, tb 87cm). dari milis2 yang saya ikuti juga saya jadi tau
kalo susu bukan makanan utama lagi bagi anak di atas 1 taun. saya amati juga
pola makan puti cukup bagus, artinya dia tidak menolak menu lengkap (lauk
pauk +
sayur + buah), makan pun 3x sehari. saya jadi semakin yakin untuk mengatur
asupan susu puti.

razqy sekarang umurnya berapa? pelan-pelan aja mbak dilatihnya, bertahap,
supaya gak kaget. kalo biasanya 3 botol waktu tidur malam, coba kurangi jadi
2 botol aja. kalo razqy gak ada masalah dengan bb mungkin yang perlu diatur
dan dibiasakan hanya waktu minumnya saja, tidak pada jumlahnya. misalnya
minum susunya dibanyakin pas razqy lagi gak bobo (pengganti minum susu waktu
bobo), kan jadinya mau pake gelas tuh. jangan lupa terus kasih pengertian ke
razqy ya mbak...udah bisa diajak ngomong kan....kebetulan puti ada masalah
dengan bbnya jadi saya memang harus tega ngatur jumlah susunya.

mudah2an bisa bantu ya mbak...

bunda puti