From: "Novi Dian" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Friday, September 10, 2004 4:45 PM
Subject: RE: [balita-anda] bayi naik pesawat

Sama, Mika waktu umur 4 bulan juga aku bawa ke Surabaya. Memang yang
perlu diperhatikan:
1. Telinga ditutup kapas. Kalau sudah agak besar, pada saat take off &
landing, minta anak tutup kupingnya dengan gelas plastik.
2. Kalau bisa sesuaikan waktu take off & landing dengan jadwal minum
susu, buat ngebantu biar telinga bayi ga' pengeng ...

Anak temenku, usia 1 bulan juga udah diajak naek pesawat S'pore-Jakarta
juga ga' papa ko', ada lagi temenku ajak anaknya Balikpapan-Jkt usia 1
bulan juga ga' masalah.

Tapi emang beda cara penanganan aircrew penerbangan yang professional
sama penerbangan yang baru2 ...

Saya pernah pengalaman naik citylink, asli dicuekin sama flight
attendant/air crewnya. Waktu aku naik garuda, sebelum take off sama
landing, aku dikasih tau harus gimana2nya dan mereka lebih care.

Anakku sekarang dah setaun. Rasanya lebih enak bawa bayi dibawah usia 4
bulan untuk naik pesawat, karena belom banyak gerak.
Kalo' udah setaun gini, ribetnya kalo' anak mulai lasak. Karena
curiousity nya udah tinggi, maunya berdiri, turun, kekiri kanan.
Aduuuuhhhh, belom lagi tempat duduk economy class sempitnya kaya' apa.
Kecuali kalo' duduk sendiri (ga' dipangku).

Anyway, have a nice flight ya ... also have a nice long weekend.

Cheers,
Novie