Pak Anto,

no need lah vaksin flu segala. Dulu anak saya juga dijadwal vaksin flu sama dsa
yang lama tapi setelah dapet masukan dari sharing di milis sebelah akhirnya saya
batalin pemberian vaksin flu. Alasannya, vaksin flu yang beredar di Indonesia
itu diproduksi oleh negara barat yang jenis virusnya belum tentu cocok dengan
virus flu yang beredar di Indonesia. Virus flu yang beredar di dunia ini
kira-kira ada 200 lebih loh Pak dan hanya sebagian kecil aja yang udah ada
vaksin nya. Lagian klo anak bapak kena flu kan sistem imun tubuhnya malah
terlatih Pak, ntar besok-besok klo virus flu yang sama nyerang lagi dah pinter
deh sistem imun nya untuk menangkal serangan virus.

Disamping itu biasanya pemberian vaksin flu di negara barat diberikan saat mulai
masuk winter lha klo di Indonesia kan nggak ada winter Pak :-) Menurut dsa anak
saya yang baru, beliau hanya akan memberikan vaksin flu kepada pasien beliau
yang akan bepergian ke negara 4 musim atau yang sistem imun nya sangat buruk.

Maaf ya klo nggak berkenan, tapi anak saya nggak di vaksin flu juga fine aja kok
Pak.

Dewi.