From: [EMAIL PROTECTED] [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, October 27, 2004 1:14 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: RE: [balita-anda] Fw: [Funky_mom] Kepemimpinan 'Partnership' Suami

My comment follow his lines:

Positif

Kalau merujuk arti domisticate (men'domestik'kan) sebagai:
"to accustom to household life", maka "men'domestik'kan
perempuan" bisa diartikan membiasakan/mengenalkan perempuan
pada kehidupan rumah-tangga.

Pernikahan men'domestik'kan baik perempuan maupun laki-laki
tapi sebelum menikah, keduanya telah lebih dulu di'domestik'-
kan oleh kedua orang tuanya (anak merupakan bagian dari
rumah tangga, 'kan?). So we've been domesticated since
childhood.

BTW kalo domesticate diserap bahasa Indonesia, maka kata
serapannya cenderung menjadi domestikasi, seperti pada kata
fabricate menjadi pabrikasi, emancipate menjadi emansipasi.

AANG:
Thank for the information.

Negatif

Kalau merujuk arti domisticate (men'domestik'kan) sebagai:
"to take (something foreign, unfamiliar, etc.) for one's own
use", maka "men'domestik'kan perempuan", dalam konteks suami-
istri, bisa diartikan: menguasai/mengekang perempuan. Nah
kalau sudah kuasa-menguasai/mengekang, artinya tidak ada
persamaan kedudukan antara suami dan istri. Jadi, dalam
bahasa sederhana, kata-kata mbak Ayu bisa ditulis ulang
sebagai: "...,yang hobi mengekang perempuan :)"

AANG:
Wah, suami siapa tuh yang suka mengekang Mbak Samantha?

Emansipasi

Makanya timbul 'emansipasi' perempuan (yang dikekang/
diperbudak oleh laki-laki), bila kita merefer domestikasi
perempuan dalam artian negatif di atas. Tetapi kalau
emansipasi dikaitkan dengan gerakan feminisme seperti yang
dilakukan oleh R.A. Kartini, maka artiannya lebih positif.

AANG:
Hmmmm ..... Ada yang tahu nggak kalau yang diajarkan RA Kartini kepada wanita di
sekitarnya itu menjahit dll. Kalau saya nggak salah, menjahit adalah salah satu
kegiatan yang sangat diasosiasikan kepada wanita :-)

Ngomong2 soal ibu-rumah-tangga, ketika Mrs. Kerry
berkomentar tentang Mrs. Bush, "I don't know that she's
ever had a real job."  Beliau lupa kalo Mrs. Bush adalah
seorang ibu rumah tangga.

Dan penasehat kampanye Bush, Karen Hughes, langsung
berkomentar, "She seems to have forgotten that being a mother
is a real job."  (Artikel nanti saya posting ke milist, deh!).

AANG:
I definitely agree ..... being a mother is a real job.

Just my 2¢! Semoga bermanfaat.

Regards,
Erik

NB panjang bgt:

Berdasarkan Random House Webster's Electronic Dictionary and
Thesaurus, College Edition:

do*mes*ti*cate

- verb, transitive
  1. to convert (animals, plants, etc.) to domestic uses.
  2. to tame (an animal) , especially by generations of
     breeding, to live in close association with human
     beings as a pet or work animal or for food, usu.
     compromising its ability to live in the wild.
  3. to adapt (a plant) so as to be cultivated by and
     beneficial to human beings.
  4. to accustom to household life.
  5. to take (something foreign, unfamiliar, etc.) for one's
     own use.

- verb, intransitive
  6. to adjust to domestic life.

- noun
  7. something, as an animal, that has been domesticated.

e*man*ci*pate

- verb, transitive.
  1. to free from restraint.
  2. to free (a slave) from bondage.
  3. Roman and Civil Law. to end paternal control over; give
     or restore full legal rights to.

fem*i*nism
- noun
  1. a doctrine advocating social, political, and economic
     rights for women equal to those of men.
  2. a movement for the attainment of such rights.
  3. feminine character.

                      "ERIK"

                      <[EMAIL PROTECTED]

                      ia.com>          To:     <[EMAIL PROTECTED]>

                                       cc:

                      27/10/2004 12:28 Subject:

                      Please respond           RE: [balita-anda] Fw: [Funky_mom]
Kepemimpinan 'Partnership' Suami
                      to balita-anda

On Wed, Oct 27, 2004 11:08 AM, [EMAIL PROTECTED]

> [...]

  1. a doctrine advocating social, political, and economic
     rights for women equal to those of men.
  2. a movement for the attainment of such rights.

DUKUNG situs Balita-Anda.Com sebagai Situs Terbaik Wanita & Anak 2004-2005 versi
Majalah Komputer Aktif, dengan ketik: POLL ST WAN 2
ke nomor 8811, selama 16 Okt sd. 30 Nov. 2004.
merchandise komputerakt!f bagi para peserta polling yang beruntung. Satu nomor
ponsel hanya berhak memberikan satu suara dukungan untuk tiap kategorinya.
Polling ini berlaku untuk pelanggan Telkomsel, Indosat maupun Excelcom dengan
tarif Rp 1.500.