emang ga bisa istirahat pak klo punya baby. apalagi masih umur 21
hari. lagi capek2nya tuh. coba istri bapak disuruh istirahat waktu
babynya bobo siang, ikutan bobo juga. ga usah ngurusin kerjaan dulu
deh..hehe klo ga gitu, bisa tepar. :-p

or mungkin nangisnya bukan karna lapar pak. klo orang dulu sih bilangnya
gitu, klo nangis pasti lapar. padahal kan, ga juga lho pak. bisa aja
babynya kepanasan, ngompol, kolik, bosan, dsb.

ini saya copy sebagian info dr artikel yg saya dapat.

Angina's Mom

menangis dan kolik. Pada bulan-bulan pertama, menangis sebenarnya hanya
merupakan cara seorang bayi untuk berkomunikasi. Menangis sering menandakan
rasa lapar, tetapi tidak selalu. Bayi mungkin merasa terlalu panas atau
terlalu dingin, basah, takut, atau hanya merasa tidak enak badan.
Bayi mungkin sering menangis khususnya selama beberapa hari setelah tiba
di rumah dari rumah sakit, karena ia harus menyesuaikan diri dengan
rutinitas baru. Bayi yang masih muda sering menangis lama meskipun
tidak ada apapun yang terjadi. Beberapa dokter mengatakan bahwa seorang
bayi tidak mempunyai cara lain untuk menenangkan diri atau keluar dari
proses yang membuatnya lemah karena belajar tentang dunia ini.
Bayangkan seperti apa ini, dengan tidak mengerti apapun yang dilihat
atau didengar seseorang, tergantung pada orang lain untuk memperoleh
setiap rasa nyaman dalam hidupnya. Tentu saja hidup ini melelahkan,
dan menangis merupakan cerminan dari kelelahan tersebut. Bayi yang
tidak rewel tidak tampak tidur seperti yang lainnya. Di Amerika Serikat,
masalah nutrisi serius jarang merupakan alasan mengapa seorang bayi
menangis, dan anak yang benar-benar kekurangan gizi akan terlihat
lesu dan bodoh. Penyebab bayi menangis yang paling serius ialah i
nfeksi telinga, gangguan pada perut yang mendadak akibat pencernaan
yang tidak normal, atau infeksi (khususnya kalau disertai oleh demam).
Akan tetapi dalam banyak kasus, ada tanda-tanda lain dari penyakitnya.
Bayi tampak sakit dan sering memperlihatkan rasa tidak tertarik
tiba-tiba akan makanan. Dalam situasi seperti itu, bayi sering
tiba-tiba menangis.

Disintegrasi ego. Banyak bayi rewel setiap hari pada sore hari
menjelang malam atau pada awal-awal malam hari. Ahli psikologi
anak Anna Freud merujuk masa ini sebagai "disintegrasi ego",
yaitu suatu masa waktu bayi letih karena sepanjang hari mencoba
menyesuaikan diri dengan lingkungan dan dirinya sendiri, dan
kehilangan kontrol atas keseimbangan emosional. Seorang bayi pada
usia ini tidak tahu bagaimana harus rileks, dan dengan demikian
akhirnya ia menjadi rewel. Sayangnya, masa-masa keras kepala ini
sering terkait dengan masa dimana ibunya dan/atau ayahnya tiba di
rumah dari tempat kerja, barangkali mengalami suatu disintegrasi
ego mereka sendiri. Orang tua sebaiknya memahami bahwa kerewelan
ini tidak ada kaitannya dengan penolakan bayi terhadap mereka;
sebaliknya, ini merupakan bagian dari siklus normal dalam 24 jam.
Orang tua sebaiknya didorong untuk bermain-main dengan bayinya
walaupun mereka rewel. Ini dapat berubah menjadi suatu pertemuan
yang menyenangkan, karena masa yang tidak biasa ini sering berubah
tiba-tiba menjadi masa yang membahagiakan.

Minum susu. Orang tua mungkin sangat tergoda untuk memberi makanan
formula kepada bayi dan memasukkan botol ke mulut bayi dan kemudian
meninggalkannya sendirian. Akan tetapi, tindakan ini sebaiknya
dihindarkan. Bayi dapat saja tersedak waktu orang tuanya tidak
melihatnya dan tidak mendengarnya. Selain itu, hal ini dapat sangat
mengganggu peluang anak mengalami perkembangan normal. Minum susu
merupakan masa-masa penting untuk melakukan komunikasi yang penuh
kasih sayang bagi bayi dengan minum dari botol maupun dengan menyusu,
dan kontak mata juga merupakan hal penting. Kalau dibiarkan sendirian
bersama botolnya, ini merupakan tindakan dingin dan tidak menggairahkan
untuk mendapatkan makanan, dan mungkin akan menyebabkan masalah
perilaku di kemudian hari kalau makanannya menjadi satu-satunya
sumber kegembiraan seorang bayi.

Garukan. Beberapa bayi mungkin menggaruk wajahnya, tetapi garukan ini
akan cepat sembuh dengan atau tanpa pengobatan.

Penglihatan. Para ahli berbeda pendapat tentang apa tepatnya yang dapat
dilihat seorang bayi pada usia ini. Beberapa studi mengatakan bahwa bayi
pada usia bulan kedua tidak dapat melihat benda sejauh 2 atau 2,5 m,
tetapi banyak dokter anak dan orang tua beranggapan bahwa bayi ini
sudah sanggup melihatnya, kalau mereka tertarik.

Senyum. Pada akhir bulan kedua, sebagian besar bayi senyum pada sesuatu
yang menyenangkannya dan mengeluarkan suara karenanya, bukan menangis.

Mengisap jari. Bukan hal yang asing dan sangat umum terjadi kalau bayi
pada usia ini mulai mengisap jarinya. Jenis perilaku ini merupakan tanda
awal dan penting dalam hal kepuasan diri. Isapan jari bukan tanda
kurangnya susu atau kurangnya makanan. Hampir setiap bayi perlu bahan
isapan tambahan, dan jempol dan jari lainnya merupakan sumber alaminya.
Dot merupakan pengganti yang tepat dan, beberapa dokter gigi percaya,
lebih baik untuk perkembangan gigi untuk masa depan (tetapi hal ini
masih mengundang kontroversi).

(sumber : satumed.com)

Wednesday, November 3, 2004, 1:22:31 PM, you wrote:

HH> Asinya jalan terus bu,
HH> Kewalahannya sanga Ibu hampir ga bisa istirahat, si Bayi siang malam ga
HH> kenal waktu nangis mau mimi terus,
HH> Saya sih senang aja nafsu makan bayinya begitu tapi kasian ibunya kurang
HH> tidur,padahal udah di barengi dengan susu formula tapi masih kurang
HH> juga.makanya di kasih bubur juga biar si bayi bisa tidur nyenyak dengan
HH> perut kenyang. Ini anak pertama sih jadi masih kurang pengalamannya.

DUKUNG situs Balita-Anda.Com sebagai Situs Terbaik Wanita & Anak 2004-2005 versi
Majalah Komputer Aktif, dengan ketik: POLL ST WAN 2
ke nomor 8811, selama 16 Okt sd. 30 Nov. 2004.
merchandise komputerakt!f bagi para peserta polling yang beruntung. Satu nomor ponsel
hanya berhak memberikan satu suara dukungan untuk tiap kategorinya. Polling ini
berlaku untuk pelanggan Telkomsel, Indosat maupun Excelcom dengan tarif Rp 1.500.