ini saya copy paste kan dari www.duniaibu.org

      smoga bermanfaat ya pak.....

      Perjalanan Dengan Bayi

      Tanya:
      "Bulan depan saya sekeluarga mau rencana pulang, dan ini  pengalaman
pertamaku bawa bayiku pergi jauh, dan naik pesawat pula.  Kira kira
perjalanan nanti memakan waktu 7 jam dan itu lumayan lama,  yang aku ingin
tanyakan :

      1. Apa saja yang harus saya persiapkan untuk keperluan bayi
diperjalanan nanti, dan obat obatan apa yang harus disediakan.

      2. Saya pernah dikasih tahu kalo bayi selama pesawat take off dan
landing itu selalu dalam keadaan di susui, jika seandainya sikecilku  lagi
tidur atau lagi nggak mau disusuin apa yang harus dilakukan.

      3. Kalau sikecil bosan di tempat duduk apa yang harus saya lakukan,
karena sikecil kalo bosan suka teriak teriak and nangis, aku takut  nanti
malah mengganggu penumpang lain." [DA]

      Jawab:

      "Bayinya umur berapa? yang paling penting sebaiknya konsultasikan dulu
ke DSAnya. Pengalaman bawa bayi naik pesawat baru saya alami kemarin
(pulang mudik) anakku baru 2 bulan - saran DSAnya boleh dia dibawa naik
pesawat dengan satu syarat waktunya berangkat bayi "Tidak boleh Flu"
(mungkin karena masih dibawa 3 bulan) wah,,, jadinya saya extra hati- hati
menjaga sikecil selalu dalam keadaan sehat sampai saatnya kita  berangkat.
Benar saat pesawat take off dan landing bayi dalam keadaan  disusui
(menghisap) kalaupun dia tertidur pas saatnya take off/landing  tidak
apa-apa tempelkan saja mulutnya ke puting susu atau dot sambil  pipinya
ditepuk-tepuk perlahan nanti dia refleks sendiri untuk  menghisap. Kalaupun
sikecil tidak tidur buat dia nyaman ; dibuai dan  ajak dia bicara,
mudah-mudahan hal yang baru buat sikecil akan membuat  dia menikmati dan
tidak terjadi hal-hal yang ditakutkan - Selamat  melakukan perjalanan." [Ys]

      "Dulu aku pernah bawa bayiku 12 bulan, lumayan  perjalanannya sekitar
14 jam, naik pesawat.

      1. Obat2an yang standard aja , kalau obat yang khusus yang biasanya
dipakai bayinya  (mis, bayinya allergi, dalam pengobatan). Dulu sebelum
berangkat aku sempet konsul ke DSAnya, beliau tidak kasih apa2 tuh, cuma
untuk  jaga2 dia kasih diazepam puyer. (tapi ternyata tidak kepake juga)

      2. Supaya sikecil tidak bosen dan nagis, siap2 deh bawa mainan yang
banyak, terus ganti2an ajak main aja sama suami oiya, jangan lupa bawa
makanan yang biasa dia makan ya, (dipesawat juga  dikasih makanan bayi, tapi
takut tidak cocok), Diapers yang cukup (jangan sampe  dia ngerasa tidak
nyaman, sering2 ganti lah)" [Nn]

      "1. obat-obatan enggak perlu bawa, kecuali baby memang sedang dalam
pengobatan. atau bawa sekedar jaga-jaga, seperti cream gatal dsb-dsb

      2. Iya! tapi tidak harus dalam keadaan menyusui, cukup mengigit
sesuatu misalnya (empeng?? sorry kalau salah spell) atau pokoknya  makan
sesuatu gunanya agar si baby merasa tenang karena pressure yg  disebabkan
oleh pesawat waktu take off suka bikin enggak nyaman   kalau sedang  tidur
malah bagus deh, jadi dia enggak ngerasaain :-) kalau mau  telinga bisa
ditutup kapas waktu pesawat take off. Anyway, anakku juga  enggak suka waktu
pesawat take-off dia takut, jadinya kita alihkan  perhatiannya, dg cerita
dan peluk dia, kalau anakku satunya malah seneng  banget...sibuk say bye-bye
sama apa aja yg dia liat dibawah hihihi...

      3. bawa mainan/buku yg enggak terlalu berisik (karena takutnya
mengganggu penumpang yg lain) sebaiknya mainan/buku yg dibawa yg  jarang dia
lihat (kalau perlu beli baru) bawa buku yg model a lift- the-flap book dan
bawa yg soft juga (buku yg khusus buat baby)   jadi baby enggak merasa
excited dg barang baru, enggak cepet bosan  jadinya :-), jangan lupa juga
bawa mainan yg soft (seperti teddy  bear) atau kalau baby biasa tidur dg
boneka tertentu, atau selimut yg  dia suka (kadang kan anak punya sesuatu yg
sangat khusus buat mrk/mrk  sangat suka)

      4. Jangan over dress baby! maksudku pakaikan pakaian yg senyaman-
nyamannya (cukup celana dan kaos) bahan cotton sangat dianjurkan.  sepatu yg
senyamannya, atau kalau masih baby cukup kaos kaki.

      5. bawa snack yg cukup. kemungkinan baby masih terlalu kecil buat
makan coklat, anyway, sebaiknya coklat dihindari karena mengandung  kafein
dan bisa bikin baby/anak-anak wind-up atau jadi bad mood,  sakit perut dsb.
sebaiknya bawa buah dan snack (anak-anakku selalu  suka teddy graham snack--
yg bentuknya seperti teddy bear, enggak  terlalu manis juga) atau gold fish,
pokoknya cari yg bentuknya menarik.

      kalau bisa, sebelum berangkat bikin baby capek, jangan di
tidurin...jadi pada saatnya dipesawat dia siap untuk bobo."[Kl]