Mbak... ini ada artikel ttg relaktasi....kalau mbak masih perlu bantuan,
bisa ke rumkit St. Carolus, Hermina Jatinegara, dan RS Haji Pondok
Gedeartiekl ini dari Seri Ayahbunda semoga membantu ya mbak.... RELAKTASI
Kadang ada ibu menyusui terpaksa menghentikan pemberian ASI kpd
bayinyaselama rentang waktu tertentu karena berbagai alasan. Misalnya saja,
si ibu menderita sakit yg membutuhkan tindakan operasi atau harus pergi ke
luar negeri untuk waktu cukup lama. Setelah beberapa waktu ibu teb ingin
menyusui kembali bayinya. Untuk itu ibu dapat melakukan upaya menyusui
kembali yg dikenal dg istilah RELAKTASI. Perlu diketahui selama masa
"istirahat" dari kegiatan menyusui, produksi ASI mungkin menjadi jauh
berkurang atau bahkan terhenti. Nah pada saat sang ibu hendak menyusui
kembali, tubuhnya, terutama seluruh organ yg terlibat dalam proses produksi
ASI, membuthkan waktu untuk "mempersiapkan diri" agar dapat bekerja kembali
memproduksi ASI. Sehubungan dg masa "persiapan" organ ASI, ada beberapa hal
yang perludiingat, yaitu tiap wanita membutuhkan waktu yg berbeda untuk
menghasilkan ASI. Mungkin ada beberapa ibu yg membutuhkan waktu beberapa
hari saja untuk memproduksi ASI secara optimal. Tetapi bila sang ibu
berhenti menyusui untuk waktu yg cukup lama, maka biasanya perlu waktu
antara 1-2 minggu agar produksi ASI kembali spt semula.Selain itu, biasanya
akan lebih mudah dan lebih cepat bagi tubuh untukmenghasilkan ASI kembali,
bila si kecil masih berumur kurang dari 2 bulan dibandingkan bila si kecil
sudah berumur lebih dari 6 bulan. Jadi motivasi yang sangat kuat dari ibu,
ditambah dengan perangsangan thd payudara secara rutin oleh bayi melalui
isapannya, akan membantu mempercepat produksi ASI.  Intinya jangan putus asa
! Tips agar berhasil dalam relaktasi Sebelum memutuskan untuk melakukan
relaktasi, sebaiknya bertanyalah pada diri anda sendiri.Apakah anda merasa
bahagia dan puas jika si kecil mendapatkan zat giziterbaik dari ASI daripada
formula? Atau apakah anda memiliki alasan lainnya ? Jujur pada diri sendiri
mengenai motivasi untuk melakukan relaktasi sangat menentukan keberhasilan
anda dalam menyusui kembali si kecil. Perhatikan hal-hal berikut 1.
Bersiap-siaplah untuk menghadapi stress yg mungkin anda akan alami pada
minggu2 pertama relaktasi. Biasanya pada     minggu2 pertama ASI yg anda
hasilkan masih sangat sedikit jumlahnya & tidak sebanding dg kebutuhan si
kecil. Akibatnya bisa saja si kecil rewel. 2.  Mintalah dukungan mental dari
orang-orang terdekat di sekitar anda,selain pasangan anda. Misalnya, teman
anda yg pernah berhasil melakukanrelaktasi, dokter, konsultan laktasi, dsb.
3.  Akan lebih mudah melakukan relaktasi jika umur si kecil sekitar
4-6minggu daripada umur 3 bulan. 4.  LAtihlah si kecil untuk melakukan
stimulasi pada puting susu anda dg cara membiasakan ia  mengisapnya.
Sekalipun ASI anda belum keluar atau sudah keluar tapi masih sangat sedikit
! Bila perlu gunakan nursing supplementer (alat berupa kantung dari plastik
yg dikaitkan di BH atau digantungkan pada leher ibu yg akan dialirkan
melalui selang kecil ke mulut bayi).INGAT ! Stimulasi terus menerus pada
payudara anda oleh si kecil akanmempercepat produksi ASI anda. 5.  Susuilah
si kecil secara teratur dan sesering mungkin sesuai keinginan si kecil.
Lakukan pemijatan & pemerahan pada payudara anda untuk membantu menstimulasi
produksi ASI. 6.  Tingkatkan konsumsi protein dan cairan dalam menu makan
anda untukmembantu mempercepat tubuh dalam memproduksi ASI.END