Ikutan sharing yah mbak....

Saya juga sempet berhenti menyusui selama seminggu karena ke luar kota
Sampai di Jakarta lagi kerasa banget produksi ASI turun, padahal selama
di luar kota saya tetap memerah (mungkin nggak maksimal karena makan
nggak teratur dan capek).
Hasil perahan hari I di kantor hanya 1/3 dari yang biasa diperoleh, tapi
saya tetep keukeuh ingin memberikan ASI ekslusif buat Attar (4 bulan)...
Pertamanya stress juga sih, takut kalo ASI nggak bisa memenuhi kebutuhan
bayi saya (padahal saya udah tau kalo stress malah akan menurunkan
produksi ASI).

Lalu saya minum air rebusan kacang hijau (2 gelas/hari) dan air rebusan
daun katuk (1 gelas/hari) dan jamu godhogan (bener nggak sih nulisnya,
jamu yang direbus pakai kendil...). Sedikit demi sedikit ASI bertambah,
tapi karena saya-nya stress hasil perahan nggak maksimal (ASI hanya
keluar dikit waktu diperah). Trus saya coba merah di rumah sambil
bermain dengan Attar, ternyata hasil perahan lumayan banyak. Akhirnya
saya usahakan untuk positif thinking bahwa ASI saya cukup dan setiap
habis menyusui selalu memerah.

Alhamdulillah, setelah 2 minggu ASI lancar kembali....

Bunda Attar
yanglagisenengkarenaASIlancarlagi