From: Yenni Afrianti [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Tuesday, January 25, 2005 12:29 PM
To: balita-anda@balita-anda.com
Subject: RE: [balita-anda] Agar-agar untuk baby

Wah senang sekali kalau nafsu makannya bagus mbak, kita bisa beri
makanan padat gizi. Sayangnya kenapa dikasi bubur instant? Untuk anak
diatas 6 bulan sudah boleh diberikan bubur saring/tim saring, malah
untuk yang 7 bulan sebaiknya udah mulai makan tim kasar.

Kalau lauknya bisa diberikan ayam, daging, ikan (kalau memang alergi
ikan laut, bisa dimulai dengan ikan darat-->lele, ikan mas, patin,
ataupun gurame), sayurannya juga bisa macem2 koq, seperti brokoli,
wortel, bayam, buncis, kacang merah, labu kuning, labu siem, tomat,
kentang.  Sebaiknya dicoba dulu satu persatu, nasi + wortel + ayam,
setelah si anak makan lihat reaksi anaknya, kalau cocok besoknya berikan
dengan variasi lainnya. Untuk anak dibawah setahun jangan ditambah
garam/gula dulu mbak, kabarnya ini memberatkna kerja ginjal. Mungkin
kalau anak terbiasa dengan bubur instan agak susah untuk makan yang
hambar, tapi semoga aja Zahra mau ya....apalagi kalau nafsu makannya
bagus, kesempatan kita untuk memberikan makanan bergizi dan sekaligus
memperkenalkan berbagai macam makanan kepada si anak.

Untuk buah juga bisa bervariasi mbak, pisang, alpuket, pepaya, jeruk
(yang manis), semangka, melon, apel, pear. Kalau dibuku Tuti S,
cenderung mengkombinasikan 2 macam buah, kalau saya pribadi sih kurang
setuju dikombinasikan, maksudnya biar si anak kenal rasa2 buah dulu,
jadi diharapkan kelak dia menyukai buah tersebut.

Untuk diare coba perhatikan apakah memang dari makanannya atau karena
tidak steril (baik peralatannya maupun tangan yang menyiapkan makanan
tsb).

Agar-agar kalaupun mau dikasi sebaiknya dibuat dari susu formula si
anak, jadi tidak ada penambahan gula. Tapi saya pribadi, untuk anak 7
bln belum saya berikan agar2 dengan pertimbangan kalau ga makan agar2 ga
apa2kan? Sumber serat bisa di dapat dari buah ataupun sayuran lain koq.

Okd....semoga bermanfaat ya.....

Mamanya Naufal-Nabil-Nadhif