Mbak,

Kasus saya saat hamil juga sungsang tapi kalau anak yg dikandung diperkirakan
besar (kalo ngga salah lebih dari 3.5 kg) dokter ngga rekomendasi utk lahir
normal. Sebelumnya saya sudah cari second opinion dari dsog lainnya dan
solusinya sama harus caesar.

Maaf ya kalo tidak membantu.

Mama Jasmin

nur arti <[EMAIL PROTECTED]> wrote: Dear all,

Nyambung yg kemarin nih..... dr nugroho kampono pernah menangani kelahiran
sungsang secara normal???? Soalnya saya pernah baca artikel, bahwa kelahiran
sungsang secara normal jauh lebih aman, daripada kelahiran lewat bedah caesar,
asalkan ditangani oleh dokter yang benar2 ahli dan terampil dalam menangani
kelahiran normal untuk bayi sungsang. Kalau gak ahli dan terampil, resikonya
bayi bisa terjepit di jalan lahir.

Kalau masalah senam hamil, posisi knee-chest (maaf, nungging), posisi
knee-chest + terapi musik, udah sering dilakukan. Tapi posisi bayinya belum
balik juga. Emang sih masih ada harapan, posisi bayi jadi normal, pas deket2
waktu kelahiran. Tapi saya harus antisipasi, kalo toh tetap sungsang pada saat
kelahiran nanti, saya mau usaha utk lahir normal dahulu. So, skr saya mencari
dsog yg bisa bantu kelahiran normal utk bayi sungsang.

Oh iya saya masih nunggu info tentang dsog lain yg bisa ngebantu melahirkan
normal untuk bayi sungsang. Thanks.